visitaaponce.com

Calon Perseorangan Pilkada Cimahi tidak Memenuhi Syarat

Calon Perseorangan Pilkada Cimahi tidak Memenuhi Syarat
Ilustrasi: warga Kampung Cibodas, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi mengikuti pemungutan suara ulang (PSU) di TPS(MI/Depi Gunawan)

SATU-satunya pasangan peserta Pilkada Kota Cimahi dari jalur perseorangan atau independen yakni Asep Nandang dan Caca Nardiman tidak memenuhi syarat jumlah dukungan.

Pasangan calon wali kota dan wakil wali kota itu dinyatakan gagal karena berdasarkan surat keputusan KPU Kota Cimahi nomor 75 Tahun 2024 tentang syarat minimal dan sebaran dukungan bakal calon perseorangan dalam Pilkada Cimahi 2024, calon independen harus mengantongi 35.423 dukungan dengan minimal sebaran di dua kecamatan.

"Jumlahnya tidak memenuhi syarat (TMS) minimal dukungan," kata Koordinator Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu, KPU Kota Cimahi, Yosi Sundansyah, Kamis (16/5).

Baca juga : Pilgub Jatim Dipastikan tidak Diikuti Calon Perseorangan

Sebelumnya, pasangan calon independen Asep Nandang dan Caca Nardiman menyerahkan berkas pendaftaran ke KPU pada Minggu (12/5) malam dengan membawa berkas dukungan dari 36.187 orang.

Pasangan itu, diberikan waktu selama 3x24 jam untuk mengunggah berkas dukungan itu ke website sistem informasi pencalonan (Silon) KPU sebagai syarat mutlak pencalonan.

"Namun hingga batas waktu yang ditetapkan, pasangan itu hanya mampu mengunggah sekitar 6.000 dukungan, jadi otomatis tak memenuhi syarat," ungkapnya.

Baca juga : Tak Penuhi Syarat, Pilkada Kota Cirebon tanpa Calon Perseorangan

Dengan keputusan tersebut, maka dipastikan bahwa Pilkada Kota Cimahi tidak akan diikuti peserta dari jalur independen.

Sementara itu, Asep Nandang mengaku menerima terhadap keputusan itu. Namun, ia berharap KPU ke depan bisa memperbaiki sistem pencalonan perseorangan karena pihaknya terkendala ganguan sistem Silon serta terbatasnya waktu.

"Persyaratan banyak tapi waktu terbatas, padahal secara fisik saya sudah memenuhi. Ke depan KPU harus memperbaiki lagi," ucap Asep. (DG/Z-7)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat