visitaaponce.com

Rob Landa Kotabaru Sejumlah Rumah Warga Rusak

Rob Landa Kotabaru Sejumlah Rumah Warga Rusak
Salah satu rumah warga di Desa Sungai Bulan, Kotabaru mengalami kerusakan akibat rob.(BPBD Kotabaru)

BENCANA pasang air laut (rob) melanda wilayah pesisir di Kecamatan Pulau Laut Selatan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Sejumlah permukiman warga dilaporkan rusak.

"Rob terjadi di Desa Sungai Bulan, wilayah pesisir di Kabupaten Kotabaru. Tidak ada korban jiwa, namun ada rumah warga yang terdampak dan mengalami kerusakan," ungkap Kepala Badan Penanggalangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, R Suria Fadliansyah, Rabu (29/5).

BPBD Kalsel dan Kabupaten Kotabaru terus melakukan pemantauan kondisi di lapangan dan menghimbau warga untuk mewaspadai ancaman bencana rob susulan. 

Baca juga : Banjir Landa Desa Bangkalaan Melayu Kabupaten Kotabaru

"Kita juga melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) kebencanaan di lapangan," tuturnya.

Data Pusdalops BPBD Kalsel mencatat dalam beberapa hari terakhir kondisi cuaca buruk melanda wilayah perairan Selatan Kalimantan dan Kotabaru dengan ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter. Kondisi ini dinilai cukup berbahaya bagi transportasi laut dan kapal nelayan, tongkang, dan ferry diminta mewaspadai gelombang tinggj tersebut.

Dampak pasang laut juga menyebabkan sejumlah wilayah di Kota Banjarmasin tergenang. Kondisi ini terjadi pada sore hingga malam hari.

Pada bagian lain BPBD Kalsel juga mencatat dua kejadian orang tenggelam di perairan. Yaitu orang tenggelam di Sungai Tantaringin Kecamatan Muara Harus, Kabupaten Tabalong. Korban bernama Ahmad Faiza, 7, tenggelam setelah bermain di sungai, Senin (27/5).

Kemudian seorang motoris kapal motor bernama Ronaldi yang tenggelam di perairan Sungai Barito, di wilayah Tabunganen, Kabupaten Barito Kuala. Tim SAR gabungan telah berhasil menemukan korban dalam kondisi meninggal dunia. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat