visitaaponce.com

Dihantam Gelombang, Tiga Nelayan Tenggelam di Perairan Kotabaru

Dihantam Gelombang, Tiga Nelayan Tenggelam di Perairan Kotabaru
Ilustrasi.(Antara/Rahmad.)


TIGA nelayan tenggelam di perairan Marabatuan, Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, setelah kapal pencari ikan mereka dihantam gelombang. Cuaca buruk masih terus melanda perairan Kalimantan Selatan.

Peristiwa tenggelamnya kapal nelayan Kotabaru ini terjadi, Jumat (23/12). "Korban tenggelam sebanyak tiga orang dan satu berhasil ditemukan Tim SAR. Proses pencarian oleh petugas SAR gabungan sejak Sabtu (24/12) pagi hingga kini masih berlangsung," ungkap Kepala Badan SAR Nasional Banjarmasin, Al Amrad, Sabtu (24/12).

Berdasarkan laporan yang diterima Basarnas Banjarmasin, lima nelayan asal Kotabaru sedang mencari ikan di daerah perairan Marabatuan. Namun akibat cuaca buruk berupa angin kencang dan gelombang mencapai 2,5 meter, kapal terbalik dan tenggelam. Dua nelayan masing-masing Arsyad, 25, dan Aidil, 25, berhasil selamat sedangkan tiga lainnya hanyut terbawa arus.

Pencarian korban tenggelam difokuskan di sekitar perairan Marabatuan dengan armada RIB. Pada Sabtu (24/12) siang, Tim Rescue Pos SAR Kotabaru berhasil menemukan satu korban dalam keadaan selamat atas nama Dian, 36. Dian merupakan juragan kapal pencari ikan tersebut yang berhasil menyelamatkan diri ke sebuah kapal tongkang yang kandas di perairan Tanjung Pelayar tak jauh dari lokasi kapal tenggelam.

"Korban berhasil menyamatkan diri berenang ke suatu kapal yang kandas. Untuk korban selamat langsung kita evakuasi menuju Posko SAR gabungan yang berada di Pos Polairud di Tanjung Selayar bersama dua korban selamat lain," tutur Adi Maulana, Koordinator Pos SAR Kotabaru. Dua korban yang masih belum ditemukan yaitu Acing, 39, dan Mansyah, 40.

Sebelumnya, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kalsel, R Suria Fadliansyah, mengatakan hingga kini cuaca buruk berupa hujan deras disertai angin kencang dan petir masih terus melanda sejumlah wilayah di Kalsel. "Kita meminta masyarakat tetap waspada kondisi cuaca buruk baik di darat maupun wilayah perairan, terutama lokasi wisata," tuturnya. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat