visitaaponce.com

Banjir Landa Desa Bangkalaan Melayu Kabupaten Kotabaru

Banjir Landa Desa Bangkalaan Melayu Kabupaten Kotabaru
Ilustrasi.(Dok MI)

HUJAN masih turun di sejumlah wilayah Provinsi Kalimantan Selatan saat cuaca panas yang melanda dalam beberapa waktu terakhir. Tingginya curah hujan menyebabkan bencana banjir di Desa Bangkalaan Melayu, Kecamatan Kelumpang Hulu, Kabupaten Kotabaru.

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kotabaru, banjir bandang terjadi Kamis (9/5) malam. Banjir menyebabkan belasan rumah terendam dan 202 keluarga terdampak menyusul putus jembatan gantung penghubung antardesa di wilayah tersebut.

"Ketinggian banjir mulai surut dan petugas terus melakukan pemantauan di lapangan. Tidak ada korban jiwa atau warga yang mengungsi. Kita mengimbau warga mewaspadai ancaman banjir susulan, mengingat hujan masih terus terjadi di bagian hulu," kata Kepala BPBD Kotabaru, Hendra Indrayana, dalam laporan kebencanaannya.

Baca juga : Banjir Terus Mengancam Kalimantan Selatan

Kepala BPBD Kalsel, R Suria Fadliansyah, beberapa waktu lalu mengatakan pihaknya terus memperkuat kesiapsiagaan baik personel maupun sarana penanganan bencana. Ini termasuk upaya menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap ancaman bencana.

Menurutnya, penanggulangan bencana menjadi tanggung jawab bersama tidak hanya pemerintah dan institusi terkait tetapi juga sektor swasta. Perlu perlibatan masyarakat luas mulai upaya mitigasi hingga penanganan bencana di lapangan.

"Bagaimana menciptakan budaya sadar bencana di tengah masyarakat guna meminimalisasi risiko dampak bencana juga memperluas jangkauan penanganan bencana di lapangan. Semakin banyak masyarakat yang sadar bencana, ketangguhan kita menghadapi bencana semakin meningkat," tegas Suria.

Diakuinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) dan bencana hidrometeorologi masih menjadi ancaman serius yang harus diantisipasi melalui kerja sama semua pihak. (Z-2)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat