visitaaponce.com

Ini Berat Sapi Raksasa Asal Subang yang Dipilih Jokowi untuk Kurban

Ini Berat Sapi Raksasa Asal Subang yang Dipilih Jokowi untuk Kurban
Sapi seberat 1 ton 80 kg milik peternak yang dibeli Presiden Jokowi(MI/Reza Sunarya)

SEEKOR sapi bernama Alien, milik seorang peternak di Kabupaten Subang, Jawa Barat, resmi dibeli oleh Presiden Joko Widodo. Sapi jenis simental tersebut akan dijadikan hewan kurban pada Idul Adha 2024.

Peternak dari Kelompok Cinta Peternak Farm, Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, terkejut sapinya kembali dibeli oleh Presiden Joko Widodo. Sapi bernama Alien itu memiliki bobot 1 ton 80 kilogram. Alien adalah sapi jantan jenis simental berusia empat setengah tahun.

Pengelola peternakan, Irwan Yusup d/mengaku terkejut sapi miliknya kembali dibeli Presiden Joko Widodo untuk kedua kalinya, dimana pada tahun 2023 lalu, sapi dengan berat satu ton tiga puluh lima menjadi pilihan untuk dijadikan hewan kurban di Jakarta.

Baca juga : Jelang Idul Adha, Harga Sapi dan Kambing Alami Kenaikan

"Kami selalu peternak merasa bahagia, walaupun ada rasa percaya tidak percaya sebelumnya, karena ini yang ke dua kalinya kita menerima keberkahan dari Presiden Jokowi, sehingga sapi kita terpilih untuk dijadikan hewan kurban, ke depan sapi kita akan dibawa oleh pihak kepresidenan," kata pengelola peternakan, Irwan Yusup,Jumat (7/6).

Irwan Yusup menambahkan untuk beratnya saat ini sekitar satu ton delapan puluh kilogram, ini lebih berat dari tahun kemarin. Jenis sapi simental, bukan peranakan, usianya sekitar empat tahun setengah, diberi nama Alien.

"Awalnya kami kedatangan tim dari kesehatan provinsi menanyakan tentang keberadaan sapi besar dan kita bilang masih ada, dan mereka langsung datang untuk memeriksa, setelah itu mereka memberi kabar kalau sapi terpilih dan langsung untuk memberikan harga, untuk harga belum bisa dikonfirmasi namun kami sudah MoU. Selain sapi ini, kami juga masih mempunyai sapi yang besar dengan bobot beratnya sekitar sembilan ratus delapan puluh kilo dan satunya lagi sekitar delapan ratus delapan puluh kilo," pungkas Irwan.

Sapi simental yang dipilih melalui proses seleksi ini akan dijadikan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 2024 oleh Presiden Joko Widodo. Kondisi sapi dalam keadaan sehat dan sudah lolos pemeriksaan kesehatan hewan, sehingga di hari penyembelihan nanti, dagingnya bisa dinikmati masyarakat. Sapi tersebut masih menjalani pemeliharaan dan perawatan khusus di kandang milik peternaknya. (RZ/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat