visitaaponce.com

Upacara 17 Agustus di IKN, Bangunan Istana Presiden belum Rampung 100

Upacara 17 Agustus di IKN, Bangunan Istana Presiden belum Rampung 100%
Ilustrasi.(MI/DWI APRIANI)

KETUA Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) Danis Hidayat Sumadilaga mengungkapkan pembangunan Istana Kepresidenan ditargetkan rampung 100% pada Oktober 2024.

Ini artinya, saat penyelenggaraan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 RI di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang, bangunan istana presiden belum beres sepenuhnya.

"Kontraknya itu memang nanti (selesai) sampai akhir Oktober. Kalau sekarang itu sudah 73% (progresnya) Istana Negara," kata Danis saat ditemui di Kantor Kementerian PUPR di Jakarta, Jumat (14/6).

Baca juga : Pemerintah Pastikan tidak Ada Perubahan Target Pembangunan IKN

Pihaknya menargetkan pada Agustus 2024, progres pembangunan Istana Kepresidenan mencapai 95%. Sisanya 5% merupakan pekerjaan finishing atau pekerjaan akhir seperti penyelesaian beautifikasi dan pemasangan tanaman di kawasan Kompleks Istana Kepresidenan.

Kendati demikian, Danis memastikan Jokowi bisa menempati Istana Negara, bahkan dipersiapkan ruangan untuk tempat menginap Kepala Negara selama di IKN.

"Kalau istana presiden itu ada mezzanine, itu sudah disiapkan," katanya

Baca juga : Jokowi: Peringatan HUT RI Digelar di IKN dan Jakarta Karena Masa Transisi

Terkait lapangan upacara yang tepat berada di depan Istana Negara juga dikatakan bisa digunakan untuk pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 di ibu kota baru Indonesia. Lapangan tersebut dirancang menampung kapasitas 6.300 orang.

"Pada saat 17 Agustus nanti, kita fungsionalkan lapangannya. Secara hitung-hitungan itu kapasitasnya 6.300 orang. Cuma yang diundang berapa orang nanti saya belum tahu pasti," terangnya.

Adapun pelaksanaan HUT Ke-79 RI digelar di dua lokasi, yaitu di IKN dan Istana Kepresidenan, Jakarta. Danis menegaskan Kementerian PUPR menyerahkan kepada Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) perihal jumlah undangan yang akan menghadiri upacara tersebut di IKN. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat