visitaaponce.com

Pembalap Formula E tak Sabar Melibas Sirkuit Jakarta

Pembalap Formula E tak Sabar Melibas Sirkuit Jakarta
Foto udara sirkuit Formula E yang berlokasi di kawasan Ancol, Jakarta.(AFP)

TREK di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) akan menjadi tantangan bagi pembalap Formula E untuk tampil bagus dan mengejar poin semaksimal mungkin. 

Sirkuit baru akan menjadi momentum bagi setiap pembalap, sehingga kesempatan meraih posisi terbaik terbuka lebar.

"Saya senang kita bisa pergi ke lokasi baru, sirkuit baru, kota baru. Saya berharap ini akan menjadi trek yang bagus, seperti kami menyukai balapan di Roma," tutur juara dunia Formula E dua kali, Jean-Eric Vergne (DS Techeetah).

Baca juga: Polda Metro Siapkan 1.778 Personel untuk Amankan Formula E

Sirkuit JIEC sepanjang 2,37 km dengan total 18 tikungan, memiliki karakter sektor pembuka yang bakal menghadirkan persaingan sengit. Tepatnya, setelah trek panjang di garis start. 

Banyak ruang bermanuver di tikungan 1, sebelum belokan yang mengalir melewati gedung Ancol Beach City. Para pembalap memang belum mencoba trek secara langsung, namun sudah sudah menjajalnya di simulator. 

Juara bertahan Nyck de Vries menilai desain sirkuit dengan tikungan cepat yang mengalir, terbilang menarik untuk diajajal secara langsung.

De Vries yang membalap untuk tim Mercedes-Benz EQ, merupakan pembalap berkebangsaan Belanda berdarah Indonesia. Dirinya mengakui bahwa balapan di Indonesia terasa spesial.

Baca juga: Hadiri Meet and Greet Formula E, Anies Ingin Jakarta Jadi Kota yang Lebih Hijau

Pembalap Mahindra Racing, Oliver Rowland, menilai trek yang sudah pernah digunakan akan menguntungkan, karena lebih familiar. Sirkuit baru pada dasarnya bakal lebih menantang dan menjadi penyeimbang bagi pembalap yang kurang berpengalaman.

Rekan setimnya, Alexander Sims, juga menilai tikungan mengalir di Sirkuit Jakarta menjadi aspek penting yang perlu ditaklukkan.

"Di Jakarta, ada banyak tikungan yang mengalir dengan satu tikungan masuk ke tikungan berikutnya. Ini berarti penting untuk menguasai aspek mengemudi dengan cepat dan mendapatkan ritme," ungkap Sims.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat