visitaaponce.com

JDM Run Gelar Time Attack JDM Funday Mandalika 2024

KOMUNITAS mobil sport JDM (Japanese Domestic Market) terbesar di Indonesia JDM Run mengumumkan rencana untuk kembali menggelar JDM Funday volume 2 dengan tema JDM Funday Mandalika 2024. Acara ini akan diselenggarakan pada 28 April hingga 1 Mei 2024 di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setelah sukses menggelar JDM Funday di Sentul International Circuit enam tahun yang lalu, JDM Run kembali menggelar kegiatan Time Attack yang dikhususkan untuk para pencinta mobil sport Jepang. Sebanyak 85 mobil Jepang performa tinggi dari seluruh Indonesia dipastikan hadir di acara tersebut untuk bersaing dalam kompetisi Time Attack. 

Kegiatan ini merupakan proyek uji coba pertama di Mandalika bagi JDM Run, di mana keberhasilan acara ini akan menentukan seri-seri Time Attack berikutnya. Kehadiran kendaraan-kendaraan berorientasi performa sebagaimana telah dihadirkan oleh Subaru Indonesia (PT Plaza Auto Mega) dengan line-up WRX dan BRZ, Honda Civic Type-R, serta Toyota GR Yaris dan GR Corolla menunjukkan permintaan yang tinggi dari pasar terhadap kendaraan-kendaraan tersebut.

Baca juga : Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 Disambut Antusias

Hal ini menjadi sebuah indikator bahwa minat masyarakat terhadap mobil-mobil performa tinggi semakin meningkat. Untuk itu JDM Run bertekad menyediakan wadah bagi para penggemar dan pengguna mendapatkan pelatihan dan pengalaman dalam Performance Driving, sekaligus menguji kemampuan kendaraan masing-masing dalam kompetisi yang mengutamakan unsur keselamatan dan keseruan.

Format Time Attack yang dihadirkan oleh JDM Run melalui JDM Funday dirancang sedemikian rupa agar ramah bagi peserta yang belum memiliki pengalaman balap mobil, namun tetap menantang bagi peserta yang sudah berpengalaman. Setiap peserta akan dikelompokkan berdasarkan tingkat pengalaman dalam berkendara dan jenis kendaraan yang digunakan. 

Peserta akan dibagi menjadi tiga kategori berdasarkan pengalaman, yaitu Non-Experienced, Experienced, dan Pro. Sedangkan untuk kendaraan, akan dibagi menjadi tiga kelas, yaitu Standard Class, Street Class, dan Race Class. Dengan pembagian ini, setiap peserta akan memiliki kesempatan untuk bersaing dalam kelompok yang sesuai dengan kemampuan mereka, sehingga menciptakan kompetisi yang adil dan menarik.

Baca juga : Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023, Rizqy Motorsport Raih Podium Endurance Race

“Melalui pembagian kelas tersebut, setiap peserta diharapkan dapat merasakan keseruan yang sama walau kemampuan berkendara maupun spesifikasi kendaraan mereka berbeda-beda, karena pada hakikatnya masing-masing peserta akan berjuang untuk menorehkan catatan waktu terbaik mereka sendiri (Personal Best Lap),” ungkap Ketua Pelaksana JDM Funday Mandalika 2024 Yahya Adi Nugroho, di Jakarta, Minggu (24/3).

Penyelenggaraan JDM Funday Mandalika 2024 didukung oleh berbagai pihak. Salah satunya, Subaru Indonesia yang berperan sebagai Official Technical Partner yang memberikan kontribusi sangat berharga dalam kesuksesan acara ini. Kegiatan ini juga mendapat dukungan sejumlahseperti APM Autobacs, Belkote, R-Club, Engine+, Dixcel, GT Radial, SM Motorsport, Teckwrap, Sun Fireworks, Gorilla flava, Goodrides, dan Garage One. 

pada kesempatan yang sama, General Manager Marketing & PR Subaru Indonesia Ismail Ashlan menyampaikan bahwa perusahaannya ingin memastikan pelanggan dapat menikmati Core Technology Subaru dengan rasa aman dan nyaman, sesuai dengan brand vision Subaru yaitu Enjoyment and Peace of Mind. 

Baca juga : Siap Berlaga, Mobil Porsche 911 GT3 Cup Pertama Tiba di Sirkuit Mandalika

"Selain itu terdapat dua pilar kegiatan yang mewakili produk kami yaitu Outdoor Adventure dan Motorsport. Karena itu melihat jumlah peserta dari Subaru Indonesia Club yang cukup banyak di JDM Funday Mandalika 2024 ini, kami ingin mendukung pelanggan kami dengan dukungan teknis dan pengalaman menjalankan kegiatan Motorsport. Selain itu, kami percaya format Time Attack yang digunakan dapat mengakomodasi semua driver dan kendaraan untuk eksplor kemampuan kendaraanya dengan tingkat Safety yang cukup terjaga,” imbuh Ismail.

Kerja sama antara JDM Run, InJourney Tourism Development Corporation (ITDC) dan Mandalika Grand Prix Association (MGPA) merupakan faktor kunci dalam memastikan kesuksesan persiapan, promosi, dan penyelenggaraan JDM Funday Mandalika 2024. Kolaborasi ini menunjukkan komitmen bersama untuk menghadirkan acara yang berkualitas dan berkesan bagi semua pihak yang terlibat.

“ITDC mendukung penuh semua program aktivasi olahraga otomotif di sirkuit Pertamina Mandalika karena dengan ada nya beragam aktivasi di sirkuit maka juga akan memberikan dampak positif untuk ekonomi NTB utamanya sektor pariwisata,” ujar Direktur Operasi ITDC Troy Warokka.

Baca juga : Porsche Sprint Challenge Indonesia Siap Digelar di Mandalika

Ia juga berterima kasih kepada BUMN, Injourney, ITDC, MGPA, Angkasa Pura, Ikatan Motor Indonesia (IMI), dan instansi-instansi terkait lainnya atas dukungan serta kepercayaan mereka terhadap terselenggaranya JDM Funday Mandalika 2024. 

“Kami selalu memberikan dukungan supaya JDM Funday Mandalika 2024 dapat terselenggara dengan sukses dan memberikan manfaat semua pihak yang terlibat. Diharapkan acara di Pertamina Mandalika International Circuit kali ini dapat menjadi sebuah momentum yang berharga bagi para penggemar mobil sport Jepang serta industri Motorsport di Indonesia,” ujar Direktur Utama MGPA Priandi Satria.

Priandi menambahkan bahwa melalui JDM Funday Mandalika 2024, pihaknya berharap dapat membuka pintu bagi para penggemar mobil sport untuk terjun aktif ke dunia Motorsport. 

"Kami ingin membentuk pengendara yang bertanggung jawab baik di dalam lingkungan sirkuit maupun di jalan umum. Acara ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga menjadi sarana untuk mempromosikan keselamatan berkendara dan semangat sportivitas di antara para penggemar mobil sport," pungkassnya. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat