visitaaponce.com

Joshua Cheptegei Pertahankan Gelar Dunia Lari 10.000 Meter Putra

Joshua Cheptegei Pertahankan Gelar Dunia Lari 10.000 Meter Putra
Pelari jarak jauh Uganda Joshua Cheptegei(AFP/Ben Stansall)

PELARI jarak jauh Uganda, Joshua Cheptegei, mempertahankan medali emas nomor 10.000 meter putra pada Kejuaraan Dunia Atletik 2022 di Hayward Field, Oregon, Amerika Serikat, Minggu (17/7) waktu setempat.

Cheptegei sukses meraih emas dengan penampilan dominan. Dia memegang kendali penuh ritme sejak awal hingga akhirnya mampu memimpin dengan catatan waktu 27 menit 27,43 detik.

Stanley Waithaka Mburu dari Kenya meraih perak di nomor 10.000 meter tersebut dengan membukukan 27 menit 27,90 detik. Medali perunggu diperoleh pelari Uganda lainnya, Jacob Kiplimo, yang menorehkan waktu 27 menit 27,97 detik.

Cheptegei mengatakan pertandingan itu baginya sangat emosional karena dia bisa kembali berlaga di Hayward Field. Ia mengenang ketika memulai karir internasionalnya di Kejuaraan Dunia Junior delapan tahun lalu di sana.

"Sangat emosional bagi saya untuk kembali ke Amerika Serikat, ke tempat di mana saya memulai karir internasional saya pada 2014," kata Cheptegei.

Baca juga : AS Sapu Bersih Medali Nomor Lari Sprint 100 M Putra

"(Gelar) ini sangat berarti bagi saya. Sekarang saya ingin melanjutkan dominasi saya dalam lari jarak jauh dan saya berharap saya akan mencapainya," imbuhya.

Pelari tuan rumah Grant Fisher menempati peringkat keempat. Sementara itu, juara Olimpiade Tokyo Selemon Barega (Ethiopia) harus puas finis di urutan kelima.

Di nomor lontar martil, Amerika Serikat hampir menyapu bersih medali. Brooke Andersen meraih emas dan Janee Kassanavoid menyumbang perunggu. Emas dari Andersen menjadi yang ketiga bagi tuan rumah.

Andersen berhasil mencatatkan lemparan 78,96 meter untuk menyabet kemenangan. Sementara itu, medali perak diraih atlet Kanada, Camryn Rogers, dengan lemparan 75,52 meter. Adapun Kassanavoid di tempat ketiga dengan 74,86 meter. (AFP/OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat