visitaaponce.com

Tim Basket SMA Citra Kasih akan Berlaga di Honda DBL 20222023

Tim Basket SMA Citra Kasih akan Berlaga di Honda DBL 2022/2023
Tim Basket SMA Citra Kaaih(Dok. DBL)

SMA Citra Kasih, Cengkareng, Jakarta Barat, akan menurunkan tim basket untuk berlaga di ajang Honda DBL 2022-2023. Kepala Sekolah SMA Citra Kasih Widyaningsih mengatakan, ini pertama kalinya sekolah itu mengikuti ajang DBL. 

Ia menjelaskan, keiikutsertaan di DBL merupakan komitmen pihak sekolah untuk membina tim basket lebih serius, sehingga bisa menghasilkan prestasi. 

“Tim basket kami sudah terbentuk tahun lalu, tetapi  belum  terlalu fokus. Jadi mulai tahun ini kami mau  lebih berkomitmen  mau membentuk  tim   basket SMA Citra Kasih menjadi lebih baik,” kata Widyaningsih dalam keterangan persnya, Jumat (26/8). 

Selain ikut kompetisi, SMA Citra Kasih juga membekali tim basket dengan tim kepelatihan profesional yang biasa memimpin anak asuh di laga kompetitif. 

Meski begitu, Widyaningsih menuturkan, untuk tahap awal ini, pihaknya tidak mematok target yang ambisius.  Namun, keterlibatan pada kompetisi DBL tahun  ini untuk memberikan wawasan  dan pengalaman bertanding pada siswa.  

“Setelah bertanding, kita berharap anak-anak itu bertambah  semangat, dan termotivasi ke depannya. Mereka  akan lebih bersemangat dalam  berlatih,” ujarnya. 

Widyaningsih menambahkan, pertimbangan sekolah memilih olahraga basket untuk para siswa. Yakni,  selain berkompetisi,  siswa bisa berlatih banyak hal. Ada kerja sama tim, sportivitas,  dan pengambilan keputusan. 

Hal itu dinilai sejalan dengan nilai SMA Citra Kasih yang menjunjung tinggi nilai integritas, profesionalisme dan entrepreneurship. 

“Kami juga berharap dengan terbentuknya tim basket, anak-anak menjadi semangat berolahraga dan mengembangkan talenta-talenta  di bidang  yang mereka minati. Nanti, ke depannya bisa berdampak dalam kehidupan  mereka  mempunyai life skill yang baik. Jadi berharap siswa-siswa  SMA Citra Kasih  tergabung dalam tim basket ini juga ada regenerasi,” ujarnya. 

Widyaningsih menuturkan, tim basket SMA Citra Kasih ini  resmi diluncurkan pada Rabu  (24/8.

Sementara itu,  PIC DBL Jakarta, Sekar Pretty Amalia mengatakan Honda DBL merupakan kompetisi bola basket untuk pelajar SMA terbesar di Indonesia saat ini.  Pasalnya, kompetisi tersebut diadakan di seluruh provinsi. 

Baca juga : Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional UT Jadi Momentum Cari Bibit Atlet 

Khusus untuk Provinsi DKI Jakarta, kompetisi DBL ini dibagi menjadi 4 regional, yakni barat, selatan, timur dan pusat.  Kemudian, diambil empat tim besar melaju ke babak championship series di Jakarta. 

Sekar menuturkan untuk mengajak tim basket sekolah se-Indonesia berpartisipasi, pihaknya melakukan roadshow ke sekolah-sekolah. 

“Kegiatan roadshow ke sekolah untuk mengenalkan  para siswa (tim basket)  supaya lebih percaya diri, karena kegiatan tersebut mendapat dukungan dari sekolah, guru, orang tua dan teman-temannya. Karena mereka bertanding membawa nama sekolahnya,” ujarnya. 

Sekar menyebutkan Honda DBL mengusung tema Student Athlete, maka hanya siswa  berprestasi bidang akademik yang bisa mengikuti kompetisi tersebut.  Pasalnya, ada batas nilai standar minimum bagi siswa untuk menjadi bagian  dari tim basket DBL.

“Honda DBL ini, selain nonakademik, akademiknya juga harus  naik sebagai syarat utamanya.  Akademiknya tidak bagus, maka enggak bisa ikut,” paparnya. 

Untuk itu, lanjut Sekar, para siswa yang menjadi bagian dari tim basket sekolah merupakan rekomendasi dari pihak sekolah berdasarkan nilai rapor dengan nilai minimal enam dari  tiga mata pelajaran wajib, yakni bahasa Indonesia,  matematika, dan bahasa Inggris. 

“Ketika mata pelajaran ini dirata-rata kalau nilainya di bawah 6, siswa tersebut tidak bisa mengikuti kegiatan kami,” ucapnya. 

Selanjutnya,  Valentino  Yulius, selaku pelatih tim basket SMA Citra Kasih  menambahkan, berdasarkan aturan dari DBL, siswa yang boleh ikut pertandingan adalah siswa kelas 10,11 dan 12 dengan usia minimal 16  tahun dan maksimal 18 tahun. 

Valentino menuturkan, tim  basket SMA Citra Kasih mengikuti kompetisi Honda DBL untuk pertama kali  tentu  tidak menargetkan  capaian  sulit dijangkau siswa. Untuk tahap awal ini, kata Valentino, untuk membentuk kedisiplinan, tanggung jawab, kerja sama dan bisa berjuang. 

“Walaupun tim ini baru,  kita berjuang dulu  melalui berlatih.  Saya sebagai pelatih mendukung mereka,” ucapnya. (RO/OL-7) 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat