visitaaponce.com

Nadal hingga Williams Beri Penghormatan untuk Roger Federer

Nadal hingga Williams Beri Penghormatan untuk Roger Federer
Petenis Rafael Nadal (kiri) selalu menjadi pesaing berat Roger Federer di lapangan, tetapi keduanya adalah sahabat di luar lapangan.(AFP/Adrian DENNIS)

KABAR terkait akan pensiunnya bintang tenis Roger Federer mengejutkan dunia olahraga. Penghormatan dari banyak kalangan, termasuk dari sejumlah petenis dunia, pun didapati Federer setelah dia mengumumkan keputusannya tersebut.

Seperti diberitakan, Federer membuat pengumuman dalam akun media sosial pribadinya bahwa dia akan segera pensiun dari tenis profesional. Usianya yang sudah tak lagi muda serta kondisi fisiknya yang sudah tak sebugar dulu membuatnya mengambil keputusan untuk gantung raket.

Petenis Spanyol Rafael Nadal yang merupakan salah satu rival utama Federer beberapa tahun lalu menuliskan catatan khususnya untuk petenis berusia 41 tahun itu. Nadal mengaku sedih karena harus kehilangan salah satu petenis terbaik di dunia.

"Saya berharap hari ini tidak akan pernah datang. Ini adalah hari yang menyedihkan bagi saya secara pribadi dan untuk olahraga di seluruh dunia. Merupakan suatu kehormatan dan hak istimewa dapat berbagi lapangan selama bertahun-tahun dengan Anda, menjalani begitu banyak momen luar biasa di dalam dan di luar lapangan," tulis Nadal dikutip dari ATP, Jumat (16/9).

Berdasarkan catatan ATP, Federer dan Nadal telah bentrok sebanyak 40 pertandingan di turnamen, dengan 24 pertandingan di antaranya terjadi di babak final termasuk Wimbledon 2008, Australia Terbuka 2017, dan Prancis Terbuka 2011.

Pasangan ini pertama kali bertemu di lapangan pada 2004 di babak ketiga di Miami, saat itu Nadal berhasil menumbangkan Federer dengan dua set langsung 6-3 dan 6-3. Sedangkan pertarungan terakhir mereka terjadi di semifinal Wimbledon 2019, pada pertandingan itu giliran Federer yang menekuk Nadal dengan kedudukan 7-6 (7/3), 1-6, 6-3, dan 6-4.

"Kami akan memiliki lebih banyak momen untuk dibagikan bersama di masa depan, masih banyak hal yang harus dilakukan bersama, kami tahu itu," tutur Nadal.


Baca juga: Wimbledon Beri Penghormatan kepada Federer


Tak hanya Nadal, legenda tenis wanita Serena Williams, yang pada Agustus lalu, mengumumkan pensiun di Amerika Serikat Terbuka juga memberikan penghormatannya kepada Federer. Dia menyatakan bahwa petenis Swiss itu merupakan salah satu idolanya.

"Saya selalu memandang Anda dan mengagumi Anda. Jalan kita selalu sangat mirip. Anda menginspirasi jutaan dan jutaan orang yang tak terhitung jumlahnya termasuk saya dan kami tidak akan pernah lupa dengan Anda," tulis Williams.

Akan bergabung bersama menjadi pensiunan atlet, Williams pun menantikan gebrakan yang akan dilakukan Federer setelah gantung raket.

"Saya memuji Anda dan menantikan semua yang Anda lakukan di masa depan. Selamat datang di klub pensiunan. Dan terima kasih telah menjadi diri Anda," ucap Williams.

Adapun Turnamen Laver Cup 2022 yang berlangsung di The O2 London, Inggris, pada 23-25 September, akan menjadi panggung terakhir bagi Federer.

Di ajang ini, Federer akan membela Tim Eropa menghadapi Tim Dunia. Federer akan membela Tim Eropa bersama Casper Ruud (Norwegia), Rafael Nadal (Spanyol), Greece Stefanos Tsitsipas (Yunani), Novak Djokovic (Serbia), dan Andy Murray (Inggris).

"Laver Cup minggu depan di London akan menjadi acara ATP terakhir saya. Saya akan bermain lebih banyak tenis di masa depan, tentu saja, tetapi tidak di Grand Slam atau di Tur," tulis Federer dalam unggahannya di Twitter.

Federer, peraih 20 gelar grand slam, telah absen sejak kekalahan di perempat final di Wimbledon pada 2021. Ia kemudian menjalani operasi lutut ketiganya dalam 18 bulan. Federer mengatakan tubuhnya memberitahu bahwa sudah waktunya untuk mundur.

"Seperti yang Anda ketahui, tiga tahun terakhir telah memberi saya tantangan dalam bentuk cedera dan operasi. Saya telah bekerja keras untuk kembali ke bentuk kompetitif penuh. Tapi saya juga tahu kapasitas dan batas tubuh saya," terangnya. (ATP/OL-16)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat