visitaaponce.com

4 Kunci dan Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek

4 Kunci dan Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek
Lari jarak pendek (sprint)(ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana)

LARI jarak pendek merupakan cabang olahraga lari yang menempuh jarak 400 meter ke bawah. Lari jenis ini juga sering disebut dengan sprint karena pelari atau sprinter akan melaju dengan kecepatan penuh menuju garis finish.

Pelari akan menggunakan start jongkok atau crouching start untuk mencapai kecepatan maksimal dari awal perlombaan dimulai. Catatan waktu sangat menentukan urutan pemenang. Oleh karena itu, teknik start, kecepatan berlari, juga teknik memasuki garis finish merupakan faktor-faktor penentu keberhasilan pelari.

Berikut 4 kunci dan cara memasuki garis finish lari jarak pendek.

1. Memantapkan start

Cara memasuki garis finish lari jarak pendek dengan memulai start yang benar. Ini penentuan menguntungkan atau merugikan pelari ketika mulai lari. Untuk mengurangi potensi tersebut, pelari harus melakukan start dengan cermat serta fokus untuk mendengarkan aba-aba dari wasit. Jangan lengah! Aba-aba yang digunakan pada start lari jarak pendek adalah "Bersedia", "Siap" dan "Yak" atau bunyi pistol start.

2. Gerakan memutar salah satu bahu

Gerakan ini dilakukan dada diputar dengan mengayunkan tangan ke depan atas, sehingga bahu sebelah kanan atau kiri maju ke depan. Teknik tersebut biasa dilakukan ketika persaingan dalam lomba lari berlangsung ketat. Tujuan teknik tersebut agar tubuh lebih cepat mencapai garis finish. Gerakan ini dilakukan saat mendekati garis finish. 

3. Posisi dada sedikit dicondongkan ke depan

Teknik ini dilakukan agar tubuh segera menyentuh garis finis. Menggunakan cara ini juga harus diimbangi dengan gerakan menjulur ke depan atas. Jangan lupa untuk mengatur napas sehingga tubuh tetap rileks dan condongkan badan ke depan sejajar dengan lutut antara 25-30 derajat.

4. Sedikit menjatuhkan tubuh ke depan saat mendekati garis finish

Teknik ini dilakukan kedua tangan diayunkan ke belakang, gerakan ini di Amerika biasa disebut merobohkan diri, the lunge. Disarankan agar pelari dapat memperbanyak latihan terlebih dahulu sebelum melakukan gerakan ini.(OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat