visitaaponce.com

Perbasi SiapkanKompetisi Basket untuk Usia Muda

Perbasi Siapkan Kompetisi Basket untuk Usia Muda
Potret pertandingan basket.(Antara)

PENGURUS Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) bakal menggulirkan turnamen baru untuk usia muda 18-23 tahun bernama Indonesia Development League.

Berkaca dari kekosongan kompetisi di usia tersebut, Indonesia Development League akan menjadi wahana pengembangan dan jembatan ke level profesional Indonesia Basketball League (IBL).

"Kita harapkan yang muda lebih matang nantinya di level profesional. Sebelum misalnya di IBL, sehingga pemain sudah bagus. Lalu, di IBL nantinya tidak lagi (sebatas) mencari pengalaman," jelas Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dalam suatu diskusi, Rabu (4/1).

Baca juga: 240 Pertandingan akan Bergulir di Musim Reguler IBL 2023

Untuk usia sekolah atau di bawah 18 tahun, lanjut dia, sejauh ini sudah ada kompetisi DBL. Sedangkan, pada usia di atas 18 tahun terdapat Liga Mahasiswa.

Menurut Danny, kompetisi usia muda membutuhkan ajang baru yang bertanding secara reguler dalam jumlah banyak. Jam terbang yang banyak diyakini semakin mengasah bibit muda yang memiliki impian terjun ke IBL.

Baca juga: Piala Dunia FIBA, Tim Basket Kanada Tampil di Jakarta

Wakil Ketua Umum PP Perbasi George Fernando Dendeng mengungkapkan kompetisi baru itu direncanakan bergulir pada April mendatang selama tiga bulan. Targetnya, dihelat tiga seri di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Perbasi membidik minimal delapan tim sebagai peserta, baik dari klub IBL maupun kalangan amatir. Jika target delapan tim terpenuhi, terdapat 21 gim yang dilangsungkan, kemudian ditambah babak semifinal dan final di Jakarta.

Namun, apabila yang mendaftar lebih banyak dari target awal, format kompetisi akan dibagi menjadi dua divisi, seperti IBL.(OL-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat