visitaaponce.com

Kemenpora Kucurkan Rp135 Miliar untuk Piala Dunia FIBA

Kemenpora Kucurkan Rp135 Miliar untuk Piala Dunia FIBA
Hitung mundur penyelenggaraan FIBA World Cup(AFP/Adek Berry)

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengucurkan pendanaan Rp135 miliar untuk gelaran Piala Dunia Bola Basket FIBA yang akan bergulir di Jakarta, Agustus mendatang. Indonesia menjadi salah satu tuan rumah bersama Filipina dan Jepang.

Penganggaran tersebut diwujudkan melalui penandatanganan kerja sama antara PP Perbasi dan Kemenpora disaksikan langsung Menpora Dito Ariotedjo di kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (24/5). Menpora berpesan agar Indonesia bisa sukses menjadi tuan rumah.

"Kita harus nenjadi tuan rumah yang baik. Ada delapan negara yang bertanding di sini dan kita mendapatkan undian grup menarik seperti tim Spanyol dan Kanada. Ini akan menjadi daya tarik," ujar Menpora.

Baca juga : Persiapan Piala Dunia FIBA Capai 97%

Selain penyelenggaraan yang baik, Menpora juga berpesan secara administrasi pertanggungjawaban anggaran harus dijalankan dengan baik pula. Ia berpesan agar Perbasi dan panitia lokal atau LOC menggunakan dana dari APBN tersebut secara transparan.

"Semua pertanggunggjawaban keuangan negara harus secara transparan dan akuntabel karena ini APBN, anggaran negara," imbuh Dito.

Indonesia akan menjadi tuan rumah babak penyisihan untuk Grup G dan Grup H yang berlangsung di Indonesia Arena, GBK, Jakarta. Dari hasil undian, negara-negara unggulan berisi para pemain NBA akan beraksi di Jakarta salah satunya peringkat pertama dunia sekaligus juara bertahan Spanyol.

Grup G diisi Spanyol kemudian Brasil, Iran, dan Pantai Gading. Sementara itu, di Grup H akan ada Kanada, Prancis, Latvia, dan Lebanon. Meski Indonesia tidak lolos ke Piala Dunia, Menpora meminta agar sukses penyelenggaraannya karena akan menjadi cermin bagi Indonesia dalam hajatan olahraga dunia.

"Setidaknya kita bisa tunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia adalah negara pecinta olahraga dan mampu menyelenggarakan event tingkat dunia," pungkas Dito. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat