visitaaponce.com

Piala Dunia FIBA, Tim Basket Kanada Tampil di Jakarta

Piala Dunia FIBA, Tim Basket Kanada Tampil di Jakarta
Pebasket Andrew Wiggins (kanan)(AFP/EZRA SHAW)

INDONESIA sebagai salah satu tuan rumah memilih timnas basket Kanada untuk bermain di Indonesia Arena GBK, Jakarta, pada Piala Dunia FIBA tahun depan.

Para pecinta basket Tanah Air berkesempatan menikmati aksi-aksi pemain top NBA yang memperkuat Kanada seperti Andrew Wiggins, Shai Gilgeous-Alexander dan Jamal Murray.

Indonesia yang menjadi tuan rumah bersama Filipina dan Jepang mendapat keistimewaan untuk memilih masing-masing satu tim yang bermain. FIBA memberi hak istimewa itu untuk alasan komersial.

Kanada dinilai sebagai pilihan bagus untuk tampil di Jakarta karena banyak diperkuat pebasket NBA. Andrew Wiggins bersama Golden State Warriors meraih juara NBA musim lalu.

Nama lain seperti Shai Gilgeous-Alexander bermain di Oklahoma City Thunder sedangkan Jamal Murray di Denver Nuggets.

Dari sisi pelatih, Kanada dipimpin Nick Nurse yang pada 2019 lalu membawa Toronto Raptors menjadi kampiun NBA.

"Kami melihat dari sisi komersial dan sebagai olahraga yang masuk dalam kategori sports industry, penting buat kami hadirkan banyak pemain NBA. Karena itu kami memilih Kanada karena cukup banyak bintang Kanada yang melantai di NBA," kata Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi.

Baca juga:  Spanyol Juarai FIBA EuroBasket Usai Taklukkan Prancis

Adapun Filipina memilih Amerika Serikat, yang berstatus kekuatan besar basket dunia, untuk tampil di Manila. Sementara itu, Jepang memilih Slovenia yang diperkuat bintang Dallas Mavericks Luka Doncic untuk bermain di Okinawa.

Slovenia dan Kanada menjadi tim yang sudah memastikan lolos sedangkan sisanya akan ditentukan pada lanjutan kualifikasi Februari mendatang.

Adapun undian keseluruhan grup baru akan diadakan di Manila pada 29 April 2023 dan turnamen dimulai 25 Agustus 2023.

Total ada 32 tim terbagi dalam empat grup. Empat grup dimainkan di Manila dan masing-masing dua grup di Okinawa dan Jakarta. Setelah babak penyisihan grup, semua fase gugur dimainkan di Manila.(FIBA/OL-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat