visitaaponce.com

Rybakina Pupuskan Mimpi Swiatek Untuk Rebut Trofi Australia Terbuka

Rybakina Pupuskan Mimpi Swiatek Untuk Rebut Trofi Australia Terbuka
Elena Rybakina(AFP/MANAN VATSYAYANA)

Petenis Kazakhstan Elena Rybakina memupuskan mimpi petenis putri nomor satu dunia Iga Swiatek, untuk merebut trofi grand slam Australia Terbuka pertamanya. Rybakina tampil tangguh untuk menyingkirkan Swiatek di putaran keempat Australia Terbuka 2023 pada Minggu (22/1).

Melakoni pertandingan di Rod Laver Arena, Rybakina yang merupakan juara Wimbledon 2022, tampil agresif sepanjang 1 jam 29 detik pertandingan. Dia mampu melumpuhkan Swiatek dengan dua set langsung 6-4 dan 6-4.

"Itu pertandingan yang sangat sulit. Tapi saya pikir melawan Iga (Swiatek) selalu menjadi pertarungan yang sulit, tidak peduli apakah saya menang atau kalah. Saya pikir secara alami kami menyukai pertarungan yang sulit ini," kata Rybakina usai pertandingan dikutip dari WTA, Minggu (22/1).

"Saya sangat menghormati Iga karena rekor yang dia miliki dan Grand Slam-nya. Dia adalah pemain muda dan saya pikir dia bermain dengan sangat baik," imbuhnya.

Pertarungan langsung berjalan sengit sejak set pertama dimulai. Swiatek yang tertinggal 0-2 di awal set pertama, berjuang ketas untuk menahan imbang kedudukan menjadi 2-2.

Sempat unggul 3-2 untuk Swiatek, namun Rybakina tak tinggal diam. Petenis berusia 23 tahun itu bangkit untuk mengambil alih keunggulan menjadi 5-3 sebelum kemudian menyelesaikan set pertama dengan 6-4.

Di set kedua, giliran Swiatek yang memulai pertandingan dengan unggul 3-0, namun Rybakina berhasil bangkit untuk menahan imbang menjadi 3-3.

Pertarungan berjalan kian sengit hingga kedudukan 4-4, tetapi Rybakina berhasil menemukan momentumnya untuk merebut dua gim langsung dan menyelesaikan set kedua dengan 6-4. "Saya melihat dia sedikit kesulitan di satu sisi, tetapi pada saat-saat penting saya bermain sangat baik sehingga itu membuat perbedaan," tutur Rybakina.

"Saya tahu bahwa saya harus agresif sejak bola pertama karena dia memiliki pergerakan yang hebat, dan dia bertahan dengan sangat baik. Jadi saya mencoba menyerangnya dari bola pertama, dan itu benar-benar bekerja dengan baik. Ini adalah kemenangan besar dan saya senang bisa lolos ke babak berikutnya," ucapnya.

Kemenangan ini menjadi yang pertama direbut Rybakina dari Swiatek, sekaligus menjadi revans atas kekalahannya di perempat final Ostrava Terbuka 2021 lalu. Saat itu, Swiatek menumbangkan Rybakina dengan dua set langsung 7(7)-6(5) dan 6-2.

Atas kemenangan ini, Rybakina selanjutnya bakal menantang petenis Latvia Jelena Ostapenko di perempat final pada Selasa (24/1). Di mana Ostapenko berhasil ke perempat final usai mengalahkan Coco Gauff (Amerika Serikat) dengan dua set langsung 7-5 dan 6-3. (WTA/OL-12)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat