visitaaponce.com

Perbasi Siapkan Peta Jalan Bola Basket Menuju Olimpiade 2036

Perbasi Siapkan Peta Jalan Bola Basket Menuju Olimpiade 2036
Para punggawa timnas basket Indonesia saat menyapa suporter.(Antara)

PENGURUS Pusat Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia (PP Perbasi) berencana menyiapkan peta jalan bola basket Indonesia menuju Olimpiade 2036. 

Hal itu dikemukakan langsung oleh Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih dalam Rapat Kerja Nasional PP Perbasi 2023 pada Selasa (7/2).

Dalam pidato, dirinya menyatakan bahwa memiliki cita-cita untuk membawa tim basket Indonesia debut di Olimpiade 2036. Adapun Indonesia akan melakukan biding sebagai tuan rumah untuk edisi 2036.

"Saya tahu prestasi SEA Games Vietnam itu menjadi kebanggan kita semua, tim putra kita dapat emas, tim putri dapat perak, putri 3x3 dapat perunggu," tuturnya.

Baca juga: Timnas Basket Putri Indonesia Juara Musim Pertama SWBL

"Tapi, saya tidak ingin berhenti sampai di sini, saya ingin prestasi basket Indonesia terus meningkat," sambung Danny.

Dengan proses 13 tahun menuju Olimpiade 2036, Danny menegaskan bahwa PP Perbasi tidak akan tinggal diam. Langkah awal yang akan dilakukan ialah membuat peta jalan bola basket nasional menuju Olimpiade 2036.

Itu dengan menciptakan lebih banyak kompetisi bola basket di tingkat kabupaten/kota, agar regenerasi pebasket Indonesia dapat terus berjalan.

"Saya gak mau Indonesia tampil di Olimpiade 2036 hanya karena kita tuan rumah. Oleh karena itu, saya titip sama pengurus tingakat pemkot/pemkab, harus mengadakan kompetisi lebih banyak di daerah," katanya.

Baca juga: Jawa Barat Jadi Lokasi Seri Pembuka Sirkuit Nasional Bulu Tangkis

"Kenapa saya meminta itu, karena FIBA mengatakan kalau seorang pemain usia 18-23 tahun tidak memiliki 56 gim per tahun, jangan harap Indonesia bakal berprestasi," imbuh Danny.

Saat ini, pihaknya juga tengah mengembangkan sistem data base untuk memantau atlet berbakat di Indonesia. Upaya itu dilakukan agar di masa depan, PP Perbasi tidak kesulitan mencari atlet berbakat.

Dengan pemerintah menyediakan Indonesia Arena untuk penunjang olahraga bola basket, pihaknya berharap fasilitas itu dapat digunakan dengan baik. Sehingga, bola basket Indonesia terus berprestasi dan sebagai jalan menuju Olimpiade.(OL-11)
 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat