visitaaponce.com

Liga Esports Nasional Menjadi Ajang Pembibitan Atlet

Liga Esports Nasional Menjadi Ajang Pembibitan Atlet
Seorang peserta bertanding dalam Turnamen Mobile Legends Piala Gubernur Kalimantan Barat Seri 1 di Pontianak, Kalimantan Barat, pada 2022.(ANTARA/JESSICA HELENA WUYSANG)

PENGURUS Besar Esports Indonesia (PB ESI) melalui platform resmi Garudaku mengumumkan bakal meluncurkan Liga Esports Nasional 2023. Ajang tersebut akan digelar dalam tiga tingkatan mulai dari Liga 3, Liga 2, Liga 1.

Sekretaris Jenderal PB ESI Frengky Ong mengatakan liga menjadi agenda utama pihaknya. "Terbuka untuk atlet dan tim e-sports Tanah Air," kata Frengky Ong seperti dikutip dari Antara, Sabtu (15/4).

Liga Esports Nasional dimaksudkan juga ditujukan untuk pembibitan atlet dan pemerataan e-sports di Indonesia. Melalui liga terbuka, PB ESI ingin memperkenalkan bakat-bakat terbaik Indonesia ke tingkat nasional dan internasional, dan memberikan dukungan yang diperlukan bagi mereka untuk mencapai prestasi di dunia e-sports.

Baca juga: Atlet Esports juga Butuh Pencegahan Cedera

"Tujuan utama dari Liga Esports Indonesia adalah mengembangkan ekosistem e-sports, memberikan pemahaman akan cabang olahraga e-sports, dan membuka kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk menjadi bagian dari industri e-sports yang berkembang pesat," jelas Frengky.

Untuk penyelenggaraan Liga Esports Nasional 2023, PB ESI didukung oleh operator resminya, PT Garuda Produksi Kreatif (GPK). Direktur GPK, Diana Sutrisno mengungkapkan bahwa Liga Esports Indonesia memiliki tiga prinsip utama, yaitu terbuka, tersebar, dan tertata.

Baca juga: PB ESI Berharap Menpora Motori Perkembangan E-sports

"Dengan prinsip ini, Liga Esports Nasional bersifat inklusif dan membuka kesempatan bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam dunia e-sports, kata Diana.

Diana mengungkapkan liga juga bertujuan memperkenalkan atlet, pelatih, wasit, dan bibit unggul lokal ke tingkat nasional, serta didukung secara penuh oleh semua pihak terkait, baik dari sektor swasta maupun pemerintah Indonesia.

"PB ESI berharap, Liga Esports Nasional 2023 dapat menjadi jalan bagi atlet-atlet di seluruh wilayah Indonesia untuk mewujudkan mimpi dan impiannya," ujar Diana.

Dengan tagar #LiganyaIndonesia, Liga Esports Nasional mengajak semua orang untuk bergabung dan menjadi bagian dari industri e-sports Indonesia yang berkembang pesat.

"Kami percaya bahwa dengan Liga Esports Nasional, kami dapat meningkatkan prestasi atlet e-sports Indonesia dan melengkapi ekosistem e-sports dan liga-liga yang sudah ada sebelumnya," kata Diana. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat