visitaaponce.com

Mavericks Didenda karena Bangku Cadangkan Pemain Bintang Kontra Bulls

Mavericks Didenda karena Bangku Cadangkan Pemain Bintang Kontra Bulls
Laga NBA antara Dallas Mavericks dan Chicago Bulls.(AFP/Tim Heitman/Getty Images)

DALLAS Mavericks diganjar denda sebesar US$750 ribu (sekitar Rp11 miliar) setelah dengan sengaja menurunkan tim lemah yang berujung kekalahan dari Chicago Bulls di laga NBA, awal bulan ini. Hal itu diungkapkan NBA, Sabtu (15/4) WIB.

NBA mengatakan keputusan Mavericks untuk tidak memainkan lima pemain andalan mereka dalam laga hidup mati demi meraih tiket ke babak play-in telah mencoreng wajah liga bola basket Amerika Serikat (AS) itu.

"Keputusan Dallas Mavericks untuk tidak memainkan penuh pemain kunci mereka di laga hidup mati, Sabtu (8/4) lalu, melawan Bulls melecehkan integritas olahraga ini," ujar Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Operasi Bola Basket NBA Joe Dumars.

Baca juga: Kalah dari Hawks, Mavericks Terancam tidak Lolos Playoff

"Aksi Mavericks itu mengecewakan para pecinta bola basket dan penggemar NBA," lanjutnya.

NBA menuding aksi Mavericks itu dilakukan dalam upaya memperbesar peluang mereka untuk mendapatkan urutan pertama di draft 2023.

Mavericks masih berutang satu pemain pilihan dari draft putaran pertama kepada New York Knicks sebagai bagian dari kesepakatan tukar Kristaps Porzingis pada 2019.

Baca juga: Butler Pimpin Heat Bakar Mavericks

Namun, jika saat pengundian draft NBA, Mavericks mendapatkan jatah 10 besar, mereka tidak perlu menyerahkan jatah draft itu. Posisi rendah dalam klasemen akhir NBA akan memperbesar peluang mereka mendapatkan draft urutan 10 besar.

"Mavericks melanggar aturan NBA dan menunjukkan mereka memilih kalah untuk memperbaiki peluang mereka mendapatkan pemain dratf ronde pertama 2023," tuding NBA dalam pernyataan resmi.

Namun, NBA menegaskan tidak ada bukti bahwa pemain yang diturunkan Mavericks tidak berusaha keras untuk meraih kemenangan.

Pelatih Mavericks Jason Kidd, sebelum laga melawan Bulls, mengatakan bahwa dia berencana menurunkan kekuatan penuh sebelum diminta oleh pemilik klub Mark Cuban untuk mengistirahatkan Kyrie Irving, Tim Hardaway Jr serta pemain cadangan andalan Josh Green, Maxi Kleber, dan Christian Wood.

Ini bukan kali pertama Mavericks dan Cuban bermasalah dengan NBA terkait tuduhan sengaja mengalah.

Cuban didenda sebesar US$600 ribu pada 2018 setelah dalam sebuah podcast mengatakan dia mengatakan kepada para pemain bahwa opsi terbaik untuk tim kala itu adalah kalah. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat