visitaaponce.com

Kisah Perjuangan Berat Maria Londa demi Meraih Emas di SEA Games 2023

Kisah Perjuangan Berat Maria Londa demi Meraih Emas di SEA Games 2023
Atlet lompat jauh Maria Londa(Antara)

Maria Natalia Londa harus menjalani perjuangan berat dalam meraih medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Ia sempat mengalami cedera sebelum akhirnya menjadi yang terbaik pada nomor lompat jauh yang digelar di Morodok Tecno National Stadium, Phnom Penh, Rabu (10/5).

 

Cedera itu datang ketika Maria turun di nomor pertama yakni lompat jangkit, Senin (8/5). Dia terkena tibialis atau cedera di sekitar pergelangan kaki. Untungnya persoalan tersebutbisa langsung diatasi oleh tim dokter.

"Ketika lompat jangkit, papan tumpuannya itu menonjol sekitar 1 cm. Kemudian saya terkena tibialis pada bagian kaki. Kaki saya sangat kencang sekali dan itu tidak cukup dengan hanya dipijat," ujar Maria.

Baca juga: Capaian Emas Tim Atletik di SEA Games 2023 Lampaui Target

Dalam proses penyembuhan, ia mengaku harus menjalani pengobatan akupuntur. Titik yang mengalami cedera diperbaiki dengan cara ditusuk.

Maria pun berterima kasih kepada semua tim, termasuk tim medis yang sigap menangani cederanya sehingga akhirnya ia berhasil membawa pulang emas pada perlombaan nomor lompat jauh.

Baca juga: Podium Pakai Lampu Mobil, Atlet Indonesia Peraih Emas Mengaku Tidak Masalah

Atlet 32 tahun itu menjadi yang terbaik setelah melakukan lompatan terjauh 6,28 meter pada percobaan kelima.

Dia mengalahkan dua wakil Vietnam Thi Thu Thoa Bui di posisi kedua dengan 6,13 meter dan Thi Loan Bui yang meraih perunggu dengan 6,02 meter.

"Bersyukur, bisa sehat dan mempersembahkan emas. Pelunasan proses yang kemarin di SEA Games Vietnam dapat dua perunggu. Jangan pernah menyerah," tandasnya.

Bagi Maria Londa, emas dari lompat jauh putri menambah koleksi medali emasnya sepanjang berkiprah di SEA Games menjadi enam keping. Selain emas, ia juga mengantongi enam perak, dan empat perunggu. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat