visitaaponce.com

Upaya Mazepin Kembali Membalap di Formula 1 Terhantam

Upaya Mazepin Kembali Membalap di Formula 1 Terhantam
Mantan pembalap Formula 1 asal Rusia Nikita Mazepin.(AFP/Giuseppe CACACE)

UPAYA pembalap Rusia Nikita Mazepin untuk kembali membalap di Formula 1 mengalami hambatan setelah dirinya tidak bisa melakukan perjalanan ke Inggris akibat sanksi terkait invasi Moskow ke Ukraina.

Mazepin sebelumnya membalap untuk tim Haas namun tim Formula 1 itu memutuskan hubungan setelah Rusia memulai invasi ke Ukraina, tahun lalu.

Pembalap berusia 24 tahun itu tidak pernah lagi mengemudikan mobil Formula 1 sejak saat itu.

Baca juga: Hamilton Siap Teken Kontrak Baru dengan Mercedes

Gugatan Mazepin akan disidang pada 19 Juli dan kuasa hukum pembalap Rusia itu meminta Pengadilan Tinggi Inggris untuk mencabut sanksi terhadap kliennya agar dia bisa melakukan perjalanan ke Inggris.

Namun, hakim Pengadilan Tinggi Inggris menolak permintaan kuasa hukum Mazepin, Kamis (8/6).

Hakim beralasan Mazepin dan ayahnya, Dmitry, pengusaha produk kimia di Uralchem, termasuk individu yang terkena sanksi dari pemerintah Inggris pada Maret 2022 terkait invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga: Gagal Naik Podium, Alonso Akui Aston Martin Kurang Cepat

Kuasa hukum pemerintah Inggris menggarisbawahi bahwa sanksi terhadap warga Rusia merupakan upaya negara mereka untuk menanggapi invasi Moskow ke Ukraina.

"Penggugat adalah figur publik. Saya menerima bahwa akan ada persepsi bahwa ada cara untuk mengakali sanksi dari pemerintah Inggris," ujar hakim kala membacakan keputusannya.

Mazepin, satu-satunya pembalap Rusia di Formula 1, langsung dicoret Haas setelah Moskow melancarkan invasi ke Ukraina pada 2022.

Formula 1 juga mencoret GP Sochi dari kalender 2022 dan membatalkan rencana menggelar balapan di St Petersburg. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat