visitaaponce.com

Mazepin Diizinkan Membalap Lagi di Eropa

Mazepin Diizinkan Membalap Lagi di Eropa
Mantan pe,balap tim Haas Nikita Mazepin(AFP/Giuseppe CACACE)

MANTAN pembalap Formula 1 asal Rusia Nikita Mazepin, Kamis (2/3) diizimkan kembali membalap di Eropa, setelah kariernya terhenti akibat invasi Moskow ke Ukraina.

Pembalap berusia 23 tahun itu, sebelumnya, membalap di Formula 1 bersama tim Haas yang dibiayai oleh perusahaan milik ayahnya, Dmitry, Uralkali.

Kontrak Mazepin dan Uralkali dengan Haas langsung diputus setelah Rusia melancarkan invasi ke Ukraina.

Baca juga: Hamilton Masih Betah di Mercedes meski Performanya Turun

Pengadilan Uni Eropa, Kamis (2/3), mencabut sebagian sanksi yang dijatuhkan pada Mazepin yang membuat pembalap itu bisa melakukan perjalanan dan berusaha membangkitkan kariernya sebagai pembalap.

Uni Eropa menjatuhkan sanksi kepada Mazepin karena perusahaan milik ayahnya melakukan aktivitas di sektor ekonomi yang menjadi pemasukan bagi pemerintah Rusia.

Keputusan pengadilan itu masih melarang Mazepin membela tim yang terkait dengan perusahaan ayahnya atau perusahaan lain yang diganjar sanksi terkait invasi Rusia ke Ukraina.

"Saat berlaga di kawasan Eropa, Nikita Mazepin harus membalap di bawah bendera netral dan menandatangani komitmen dengan Federasi Otomotif Internasional," ungkap pengadilan dalam keputusannya.

Mazepin, yang selama disanksi membalap di kawasan Asia, menyambut keputusan pengadilan Uni Eropa itu.

"Saya sangat senang dengan keputusan yang membuka peluang saya melanjutkan karier sebagai pembalap internasionl," kata Mazepin.

"Saya akan berusaha keras mengejar ketertinggalan dan bergabung kembali dengan olahraga yang saya sukai," lanjutnya. (AFP/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat