visitaaponce.com

Tim Wushu Indonesia Pemusatan Latihan ke Tiongkok

Tim Wushu Indonesia Pemusatan Latihan ke Tiongkok
: Atlet wushu disiplin Taolu Indonesia Eugenia Diva Widodo beraksi dalam final Wushu nomor Changquan putri saat SEA Games 2023.(ANTARA/M AGUNG RAJASA)

TIM nasional wushu Indonesia berangkat ke Tiongkok dalam rangka pemusatan latihan alias TC dan serangkaian uji coba. TC di luar negeri itu digelar menatap Asian Games 2023 Hangzhou yang akan bergulir pada September hingga Oktober 2023 mendatang. Mereka akan fokus melakoni TC selama tiga bulan.

Sebanyak 15 atlet terdiri dari delapan atlet taolu dan tujuh atlet sanda berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, menuju Tiongkok, Selasa (27/6) malam. 

"Timnas wushu Indonesia akan menjalani TC selama tifa bulan dan tidak akan kembali lagi ke Indonesia dan langsung bertanding. Kita akan memanfaatkan waktu persiapan yang panjang ini untuk bisa mencapai target di Asian Games 2023 Hangzhou nanti," kata pelatih kepala tim wushu, Novita.

Baca juga: Ini Kisah Perjuangan Dua Atlet Putri Wushu Peraih Medali Emas SEA Games 2023

Pada SEA Games 2023 Kamboja lalu, Edgar Xavier Marvelo dan kawan-kawan sukses merebut gelar juara umum dengan mendulang enam emas, enam perak, dan dua perunggu.

Di Hangzhou nanti, tim wushu membidik kesuksesan seperti edisi 2018 Jakarta yang kala itu meraih satu emas, satu perak, dan tiga perunggu.

Harapan bisa mengulang sukses di Asian Games 2018 itu disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto.

"Saya berharap Timnas Wushu Indonesia bisa mengulang sukses di Asian Games 2018 lalu," kata Airlangga.

Baca juga: Yuk Mengenal Manfaat Bela Diri Wushu

Tim wushu diharapkan bisa maksimal bukan hanya dari nomor taolu yang menjadi andalan tetapi juga dari sanda.

Atlet taolu yang dikirim ke Tiongkok untuk pemusatan latihan dari sektor putra yakni Edgar Xavier Marvelo, Seraf Naro Siregar, Harris Horatius, dan Nicholas. Adapun putri yakni Nandhira Mauriska, Alysa Mellynar, Eugenia Diva Widodo, dan Tasya Puspa Dewi.

Sementara itu, atlet sanda yang dikirim untuk putra Laksamana Pandu Pratama, Bintang Reindra Nada Guitara, Bayu Raka Putra, Samuel Marbun, dan Harry Brahmana serta untuk putri yakni Rosa Beatrice Malau dan Tharisa Dea Florentina. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat