visitaaponce.com

Arab Saudi Incar Turnamen Tenis Pria Profesional ATP dan WTA

Arab Saudi Incar Turnamen Tenis Pria Profesional ATP dan WTA
Presiden ATP Andrea Gaudenzi (kiri) saat menyerahkan Trophy ATP 2022 ke petenis Spanyol Carlos Alcaraz Garfia.(AFP)

SETELAH jor-joran di sepak bola, golf, hingga Formula 1, Arab Saudi sekarang membidik tenis. Dana Investasi Publik (PIF) Arab Saudi mengarahkan perhatiannya pada dunia tenis pria profesional.

Ketua ATP Tour Andrea Gaudenzi menyebut negara kaya minyak itu mengucurkan investasinya untuk mendorong kemajuan tenis dari segi media, data, dan teknologi.

Sebagai timbal balik, potensial akan ada turnamen ATP level 500 diadakan di sana. ATP membuka kemungkinan kemitraan PIF mengoordinasikan turnamen besar. "Tujuan kami adalah menampilkan pemain top di acara utama dunia," kata Gaudenzi.

Baca juga : Sheikh Jassim dan Skenario Tiga Arab Teluk

Di Saudi, sebelumnya sudah digelar Piala Diriyah yang diadakan pada Desember 2022 mendatangkan Taylor Fritz (AS) yang di final mengalahkan Daniil Medvedev (Rusia) untuk mengklaim hadiah senilai US$1 juta.

Asosiasi tenis wanita WTA juga mengakui pada Juni lalu Arab Saudi telah menyatakan minatnya untuk menjadi investor.

Baca juga : Ada Ambisi Saudi di Balik Benzema

Jika ATP dan PIF mencapai kesepakatan, kemungkinan besar Arab Saudi akan menjadi tuan rumah turnamen tingkat tinggi mirip dengan acara seri 500 ATP yang diadakan di Dubai, Uni Emirat Arab, pada Februari lalu.

Novak Djokovic angkat suara soal kemungkinan kerja sama tersebut. Menurutnya, integritas dan tradisi di tenis harus dipertahankan jika olahraga tersebut mencapai kesepakatan turnamen dengan Arab Saudi.

"Saya pikir kita sebagai olahraga individu di tingkat global mungkin paling dekat dengan golf dalam hal bagaimana kita melihat olahraga," Djokovic.

"Saya rasa dari contoh itu kita mungkin bisa belajar banyak, beberapa hal positif, beberapa hal negatif, dan mencoba menyusun kesepakatan, jika mengarah ke sana bahwa itu akan melindungi integritas dan tradisi serta sejarah olahraga ini sambil masih bisa menumbuhkannya sedemikian rupa sehingga sesuai," jelasnya.

Kepala eksekutif WTA Steve Simon mengatakan sedang mengevaluasi soal membawa turnamen wanita ke Arab Saudi. Dikabarkan, akan ada kejuaraan WTA akhir musim digelar di sana. (AFP/Marca/Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat