visitaaponce.com

Alonso Khawatir Melihat Bertambahnya Balapan Formula 1

Alonso Khawatir Melihat Bertambahnya Balapan Formula 1
Pembalap Aston Martin Fernando Alonso(AFP/ANDREJ ISAKOVIC)

JUARA dua kali Fernando Alonso, Kamis (6/7), mengungkapkan kekhawatirannya mengenai bertambahnya jumlah balapan Formula 1 dalam satu musim. Dia merasa hal itu akan memberi tekanan yang terlalu besar bagi tim.

Formula 1, pekan ini, mengumumkan 24 balapan untuk musim 2024, yang akan berlangsung dari Maret hingga Desember, dengan jadwal pengujian digelar Februari, menjelang laga pembuka.

Pembalap Aston Martin menyebut jumlah balapan itu terlalu banyak dan dipastikan akan memberikan tekanan terhadap tim yang harus bekerja keras sepanjang tahun.

Baca juga: F1 Umumkan Jadwal Musim 2024

Ketika Alonso melakukan debutnya di Formula 1 bersama Minardi pada 2001, pembalap berusia 41 tahun itu menjalani musim yang hanya menampilkan 17 balapan, mayoritas di Eropa, antara Maret dan Oktober.

"Saya mengerti keuntungan menggelar 24 balapan dan alasan menggelar sedemikian banyak balapan. Namun, hal itu tidak mudah. Formula 1 banyak peminatnya dan permintaannya sangat besar," ujar Alonso.

"Penambahan jumlah balapan ini sangat bagus bagi negara dan trek baru. Tahun ini akan ada balapan di Las Vegas dan beberapa tahun lalu di Qatar. Olahraga ini melebarkan sayap ke negara baru."

Baca juga: Alonso Sayangkan Penurunan Performa Aston Martin di Austria

"Hal itu berarti pemasukan lebih besar bagi semua orang. Saya mengerti itu. Namun, bagi tim yang bertanding, angka yang optimal adalah 18."

"Lebih dari 18 atau 19, Anda memberikan tekanan kepada para mekanik serta media. Semuanya berada dalam tekanan sejak Februari hingga Desember."

"Bagi kami, para pembalap, kami sangat nyaman karena mereka merawat kami dengan amat sangat baik. Namun, saya sadar bagi yang lain, semuanya sangat berat," lanjutnya. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat