visitaaponce.com

Pelatih Apresiasi Capaian ApriyaniFadia

Pelatih Apresiasi Capaian Apriyani/Fadia
Ganda putri Indonesia Apriyani Rahayu dan Siti Fadia Silva Ramadhanti.(AFP)

GANDA putri Indonesia Apriyani Rahayu/Siti Fadia harus puas keluar sebagai runner up pada Kejuaraan Dunia BWF 2023. Apriyani/Fadia pulang debgan medali perak setelah di final dikalahkan unggulan pertama Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (Tiongkok).

Kepala pelatih ganda putri PBSI, Eng Hian, mengapresiasi capaian tersebut lantaran Apriyani/Fafia dalam setahun terakhir mengalami penurunan. Eng Hian menilai mereka sudah bisa kembali ke performa terbaik.

"Memang belum bisa juara, tetapi menjadi finalis Kejuaraan Dunia itu tetap pantas diapresiasi. Apa yang diraih Apri/Fadia di Kopenhagen tetaplah sebuah prestasi yang layak saya hargai," ujarnya.

Baca juga: Pelatih Pastikan Apri/Fadia Tuai Pelajaran dari Final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

"Penampilan Apri/Fadia di final, saya sebut bukan anti klimaks. Tetapi mereka under pressure. Keduanya tak bisa lepas dari tekanan lawan. Tidak bisa mengembangkan pola permainan terbaik. Tampak dari pukulan pengembalian bola, beberapa kali banyak membuat kesalahan sendiri," imbuhnya.

Pelatih menyebut lawan memang harus diakui begitu sarat pengalaman. Dari prestasi dan penampilan yang konsisten, mereka ganda putri terbaik dunia. Harapannya sebelum bertanding Apriyani/Fadia bisa meredam kekuatan lawan.

Baca juga: Apri/Fadia Tegaskan Siap Tampil di Final Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

"Tetapi tampil di final kejuaraan besar seperti Kejuaraan Dunia itu bebeda dan sangat berpengaruh terhadap penampilan Apri/Fadia," ujarnya.

Eng Hian menyebut final Kejuaraan Dunia itu harus menjadi pembelajaran Apriyani/Fafia ke depan untuk bisa mengelola ekspektasi dan tetap harus membenahi kekurangan.

"Saya harapkan dari pertandingan final hari ini, mereka bisa memetik banyak pelajaran. Juga harus mempersiapkan teknik, fisik, dan mental ketika akan bertanding di lapangan kembali, terutama menghadapi ajang-ajang besar Kejuaraan Dunia dan di event-event besar lainnya," tukasnya.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat