visitaaponce.com

Atlet Para Badminton dari 16 Negara Berburu Poin Paralimpade Paris di Turnamen Foxs Indonesia

Atlet Para Badminton dari 16 Negara Berburu Poin Paralimpade Paris di Turnamen Fox's Indonesia 
Atlet Para Badminton andalan Indonesia, Leany Oktila (kedua dari kiri) dan Surya Nugroho (paling kanan)(MI/Widjajadi )

SEBANYAK 131 atlet dari 16 negara akan berburu poin menuju Paralimpiade Paris 2024, melalui turnamen  Fox's Indonesia Para Badminton International 2023, yang digelar di Surakarta, Jawa Tengah, mulai 5 - 10 September.

Ketua Panitia Pelaksana, Rima Ferdianto yang merupakan Wakil Sekjen National Paralympic Committee (NPC) Indonesia mengatakan, Indonesia dengan menurunkan 30 atlet dalam enam kelas, dan akan berusaha merebut juara umum. Di turnamen itu mempertandingkan 22 nomor tunggal dan ganda di enam kelas dengan menyediakan hadiah total Rp 150 juta.

"Sejumlah kemenangan di ajang ASEAN Para Games lalu menjadi semangat tersendiri bagu para atlet ( NPC) Indonesia dalam Fox's Indonesia 2023. Target menpertahankan juara umum sebagaimana yang diraih pada kejuaraann yang sama di Yogyakarta tahun lalu," imbuh Rima dalam jumpa pers di Solo bersama Fox's Indonesia, Senin ( 4/9).

Dalam turnamen Grade 2 Level 3 dalam kalender Federasi Bulu Tangkis dunia (BWF), India membawa 68 atlet, atau yang terbanyak di antara 16 negara peserta. Turnamen di Surakarta selama sepekan ini juga menjadi ajang perburuan poin menuju Paralimpiade Paris 2024.

Sebanyak 16 negara yang terlibat dalam turnamen para badminton di Arena Sritex Solo ini selain Indonesia dan India, adalah Australia, Iran, Kuwait, Krygyztan, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Peru, Singapura, Sri Lanka, Timor Leste, Turki, dan Suriah.

Indonesia  dalam upaya neriah juara umum menurunkan sejumlah atlet andalan peraih emas dan perunggu di Paralimpiade Tokyo, yakni Leani Ratri Oktila dan Suryo Nugroho. Berlaga pula skuad  tangguh, seperti Hikmah Ramdani, Ukun Rukaendi, Fredy Setiawan, Dwiyoko,  Maman Nurjaman.

Head of Corporate Affair PT Savoria Kreasi Rasa, Ryne Anggia Prawesti mengatakan, sebuah kehormatan bagi Fox's bisa kembali berpartisipasi dalam penyelenggaraan turnamen untuk atlet para badminton. Dukungan ini untuk kilaukan semangat juang dan menaklukkan limitasi dan tantangan dalam meraih prestasi," ujar dia.

Lius Pongon, mantan legenda bulu tangkis Indonesia sebagai perwakilan Bakti Olahraga Djarum Foundation berharap, atlet para badminton 'Merah Putih' yang diturunkan bisa mempertahankan juara umum sebagaimana yang ditorehkan pada Fox's Indonesia Para Badminton Internasional di Yogyakarta pada 2022.

"Kami bangga bahwa para atlet bulu tangkis Indonesia tidak hanya berjuang keras untuk menang, tetapi juga untuk juara umum, seperti yang pernah ditunjukkan di Yogjakarta," kata Pongoh.
 
Leany yang pada gelaran tahun lalu tidak bisa ikut karena baru saja melahirkan, sangat yakin akan merengkuh hasil terbaik. "Tentu saya sangat antusias bisa bermain, dan berharap bisa membantu Indonesia mempertahankan juara umum. Saya akan all out, apalagi bermain di rumah sendiri," kata pemain putri kelas SL3 ini.

Surya Nugroho, pemain tunggal putra kelompok SL5 yang menghuni peringkat 4 besar dunia, yakin bisa meriah podium tertinggi bersama tim 'Merah Putih'.  "Dengan juara akan memudahkan jalan saya menuju Paralimpiade Paris 2024," tegas peraih dua medali perak dalam ajang Thailand Para Badminton International yang baru saja dilalui.

Saat ini, dalam upayanya mengumpulkan poin menuju Paris 2024, Surya berada diperingkat 5 dengan 42,374 poin. Sementara Leani Ratri berada di posisi terdepan menuju Paris 2024 dengan 59,900 poin.

Yuni Kartika selaku pemandu jumpa pers meyakini Fox's Indonesia Para Badminton Internasional akan terus menjadi agenda tahunan, dan kemungkinan akan naik grade dan level pada tahun depan. (WJ/R-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Agus Triwibowo

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat