visitaaponce.com

Hajar Italia, AS Melaju ke Semifinal Kejuaraan Dunia Bola Basket

Hajar Italia, AS Melaju ke Semifinal Kejuaraan Dunia Bola Basket
Laga perempat final Kejuaraan Dunia Bola Basket antara Amerika Serikat dan Italia.(AFP/Ezra Acayan)

AMERIKA Serikat (AS) melaju ke semifinal Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023 usai mengalahkan Italia dengan mudah 100-63 di babak perempat final yang digelar di Mall of Asia Arena Manila, Filipina, Selasa (5/9).

Italia bukan lawan sepadan bagi tim yang berisi para pemain NBA dari AS dengan perbedaan kualitas pemain yang sangat mencolok.

Mengutip data statistik pertandingan yang dikutip dari laman resmi FIBA, Selasa (5/9), akurasi tembakan Italia hanya 31% (21 masuk dari 75 upaya, 21-75) berbanding dengan AS yang mencapai 54%, 36-67.

Baca juga: Pemain Serbia Ini Kehilangan Ginjal di Kejuaraan Dunia Bola Basket

Ditambah lagi, akurasi tembakan tiga angka dari Italia hanya 18,4% (7-38), berbeda jauh dengan pemain berpengalaman AS yang membukukan 47,2% (17-36) untuk tembakan tripoin.

Italia kalah telak, bahkan keunggulan AS sempat mencapai 41 poin.

Lebih-lebih dua pemain AS, Tyrese Haliburton bersama Paolo Banchero, melakukan atraksi saat mencetak angka, yaitu saat Haliburton mengoper bola sambil melompat dan melewati kolong kakinya untuk diberikan pada Banchero, dan kawannya itu melakukan dunk dengan keras.

Baca juga: Kalahkan Spanyol, Kanada Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia Bola Basket

"Ini adalah skema pertahanan terbaik kami sepanjang turnamen dan itu pula yang akan kami lakukan di sisa dua gim selanjutnya," kata Pelatih Kepala AS Steve Kerr.

Mikal Bridges, pemain dari Broklyn Nets, menjadi pencetak poin terbanyak AS dengan 24 angka, Tyrese Haliburton 18 poin, dan anak muda Los Angeles Lakers Austin Reaves mencetak 12 poin.

Dari Italia, Simone Fontecchio mencetak 18 poin dan Stefano Tonut 11 poin.

AS kini hanya tinggal menunggu lawan mereka di babak empat besar. Austin Reaves dan para pemain muda NBA lainnya akan berhadapan dengan pemenang laga antara Jerman dan Latvia, yang akan berlangsung Rabu (6/9). (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat