visitaaponce.com

Kalahkan Spanyol, Kanada Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia Bola Basket

Kalahkan Spanyol, Kanada Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia Bola Basket
Laga antara Kanada dan Spanyol di Kejuaraan Dunia Bola Basket.(AFP/ADEK BERRY)

KANADA menyingkirkan juara bertahan Spanyol dengan skor 88-85 pada laga pamungkas Grup L Kejuaraan Dunia Bola Basket 2023 di Indonesia Arena Gelora Bung Karno Jakarta, Minggu (3/9).

Kemenangan Kanada didapatkan dengan pertarungan sengit antara kedua tim yang berlangsung sejak awal pertandingan hingga detik-detik terakhir laga.

Kedua tim sama-sama bermain ngotot untuk memperebutkan tiket perempat final Kejuaraan Dunia Bola Basket di Filipina karena tim yang menang akan lolos ke babak selanjutnya, sedangkan yang kalah harus pulang ke negaranya.

Baca juga: Tekuk Brasil, Latvia Melaju ke Perempat Final Kejuaraan Dunia Bola Basket

Pertandingan dengan tempo cepat sudah dipertontonkan kedua tim sejak kuarter pertama yang berakhir dengan poin seri 21-21.

Di kuarter dua, Spanyol mengambil keunggulan sepuluh poin atas Kanada dengan skor 48-38.

Seperti pada laga-laga sebelumnya, Kanada, yang selalu tertinggal di awal, perlahan-lahan selalu bisa mengejar poin dengan kematangan para pemain yang berpengalaman menghadapi tekanan. Maklum, Kanada mengandalkan tujuh pemain NBA yang sudah tidak asing lagi dengan permainan berintensitas tinggi.

Baca juga: Jepang Tim Terbaik Asia di Piala Dunia FIBA 2023, Kantongi Tiket Olimpiade Paris 2024

Shai Gilgeous-Alexander, yang sebelum-sebelumnya selalu tampil gemilang, kembali menampilkan performa yang konsisten di laga pamungkas di Jakarta. Gilgeous-Alexander menjadi top skorer dengan 30 poin.

Dillon Brooks juga tampil memukau dengan mencetak 22 poin. Ditambah dengan RJ Barret yang menyumbang 16 poin, kendati dia dikeluarkan dari lapangan atau foul out di kuarter empat karena melakukan pelanggaran sebanyak lima kali.

Ketegangan makin menjadi-jadi di satu menit terakhir saat Kanada berhasil menyamakan kedudukan menjadi 80-80. Kanada membalikkan kedudukan menjadi 84-82 di sisa 15 detik terakhir, tapi Spanyol masih memberikan perlawanan hingga skor sangat tipis 85-86 di sisa 5 detik waktu terakhir.

Namun, Gilgeous-Alexander dilanggar Juan Nunez di detik-detik akhir dan menambahkan dua poin lewat free throw yang sekaligus mengunci kemenangan bagi Kanada.

Kanada keluar sebagai juara Grup L dengan hasil empat menang dan satu kalah. Kanada akan berhadapan dengan Slovenia di babak perempat final, Rabu (6/9), di Manila. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat