visitaaponce.com

Australia Jaga Harapan ke Perempat Final Piala Davis 2023

Australia Jaga Harapan ke Perempat Final Piala Davis 2023
Petenis Max Purcell dan Matthew Ebden memastikan kemenangan untuk Australia dari Prancis, Kamis (14/9).(AFP/Darren Staples)

AUSTRALIA menjaga peluang lolos ke perempat final kejuaraan tenis beregu putra Piala Davis 2023 setelah meraih kemenangan pertama atas Prancis, 2-1 di AO Arena, Manchester, Inggris, Jumat (15/9) dini hari WIB.

Mereka bangkit setelah menelan hasil negatif pada laga pembuka untuk menjadi satu dari dua tim terbaik Grup B.

Australia yang menjadi runner up tahun lalu, sangat membutuhkan kemenangan melawan Prancis untuk mempertahankan harapan untuk lolos ke babak sistem gugur di Malaga bulan depan setelah kalah dari Inggris di hari sebelumnya. Apalagi, Prancis sebelumnya sudah meraih kemenangan 3-0 atas Swiss pada pertandingan pembuka.

Baca juga : Tim Piala Davis Italia Tampil Tanpa Sinner, Berrettini, dan Fognini

Pemain peringkat ke-12 dunia, Alex de Minaur, memberi kemenangan pertama bagi Australia dengan mengalahkan Ugo Humbert, 7-6 (2), 6-3. Kemenangan itu membuat Australia keluar dari tekanan setelah sebelumnya Max Purcell kalah dari Adrian Mannarino 6 (4)-7 4-6.

Purcell kemudian kembali bermain di nomor ganda berduet dengan Matthew Ebden, dan memastikan kemenangan untuk Prancis setelah menaklukkan Nicolas Mahut/Edouard Roger-Vasselin 7-5, 6-3.

Baca juga : Kanada Jadi Juara Piala Davis untuk Kali Pertama

“Rasanya seperti penebusan dari (pertandingan) kemarin. Saya senang bisa mengatur ulang semuanya hari ini dan memberikan kemenangan,” kata De Minaur.

Pada pertandingan pembuka melawan Inggris, Minaur kalah dari dari Daniel Evans, 1-6, 6-2, 4-6. Dari tiga partai, Australia hanya menang melalui ganda Purcell/Ebden. Australia mengakhiri pertandingan dengan kekalahan 1-2.

"Anak-anak ini kembali tampil bangga. Bagi kami, berkumpul kembali dan meraih kemenangan melawan tim berkualitas di Prancis saat ini sangatlah penting," kata Kapten Australia Lleyton Hewitt

Australia kini menempati peringkat kedua klasemen Grup B dengan satu kemenangan dan satu kekalahan. Prancis masih memimpin dengan torehan serupa, tetapi lebih unggul dari selisih skor.

Untuk memastikan tiket perempat final, Australia hanya tinggal menaklukkan Swiss pada pertandingan terakhir penyisihan grup pada Minggu (17/9) WIB. Sementara Prancis mempunyai tugas akhir yang sulit melawan tuan rumah Inggris yang mendapatkan dukungan penonton tuan rumah. Sebanyak 13 ribu tiket terjual habis untuk laga nanti.

Di Grup A, Kanada memperpanjang tren kemenangannya. Juara bertahan Piala Davis ini menang atas Swedia, 3-0, di Unipol Arena, Bologna, Italia. Mereka berusaha menjadi juara berturut-turut pertama dalam satu dekade. (AFP/Z-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat