visitaaponce.com

Deretan Fakta Jelang Balap Moto GP Perdana di India

Deretan Fakta Jelang Balap Moto GP Perdana di India
Ilustrasi(AFP)

India untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah seri Moto GP pada akhir pekan ini. India akan menjadi negara ke-30 yang terlibat sebagai tuan rumah ajang balap motor internasional itu, sejak digelar perdana pada 1949.

India adalah salah satu dari delapan negara Asia yang menjadi tuan rumah seri Moto GP. Sebelumnya, Indonesia, Thailand, Turki, Jepang, Malaysia, Tiongkok, dan Qatar sudah lebih dulu ditunjuk. Beberapa negara masih bertahan, beberapa sudah tidak lagi dipilih karena berbagai alasan.

Sirkuit Internasional Buddh yang akan menjadi venue balapan dirancang oleh Hermann Tilke dan diresmikan pada Oktober 2011. Sirkuit tersebut memiliki panjang lintasan 5,01 km.

Baca juga: Nakagami Perpanjang Kontrak dengan LCR Honda Hingga 2024

Siapapun pembalap yang keluar sebagai juara pada Moto GP India dipastikan akan menuliskan nama mereka di papan sejarah GP perdana.

Jika Marc Marquez memenangkan balapan utama di GP India, itu akan menjadi kali pertama ia kembali menjuarai seri sejak terakhir kali ia mengangkat trofi tertinggi yakni di Emilia Rogmana, Italia, 700 hari silam.

Baca juga: Jelang GP Indonesia, Trek Sirkuit Mandalika Dicat Ulang

Sementara bagi sang adik, Alex Marquez, GP India merupakan balapan Grand Prixnya yang ke-200.

Lebih lanjut, wildcard Ducati Michele Pirro akan menggantikan Enea Bastianini (Ducati Lenovo) yang mengalami cedera. Sementara Alex Rins (LCR Honda) yang juga masih cedera akan digantikan oleh wildcard tim mereka yakni Stefan Bradl. (Ant/Z-11)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat