visitaaponce.com

16 Pelajar Juara Energen Champion SAC Indonesia Dikirim ke Shanghai

16 Pelajar Juara Energen Champion SAC Indonesia Dikirim ke Shanghai
Para pelajar yang jadi juara Energen Champion SAC Indoneisa 2023(Istimewa)

Sebanyak 16 pelajar yang menjadi juara dalam ajang Energen Champion SAC Indonesia 2023 bakal diberangkatkan ke Shanghai, Tiongkok, April mendatang. Di sana, mereka akan mengikuti kamp pelatihan atletik khusus.

Founder dan CEO DBL Indonesia Azrul mengungkapkan Shanghai dipilih sebagai tujuan karena memiliki program pengembangan atletik kelas dunia. Negeri Tirai Bambu bahkan disebut sebagai salah satu negara terkuat untuk cabang olahraga itu dan melahirkan banyak atlet berprestasi seperti Guo Fan (sprinter) dan Yin Annuo (long distance runner).

“Pada musim pertama SAC Indonesia (2022), para juara kami ajak ke Australia. Insya Allah  untuk musim kedua, April nanti mereka akan kami berangkatkan ke Shanghai, Tiongkok. Jadi nanti di sana kita upayakan ada program training camp,” tutur Azrul Ananda saat upacara penutupan Energen Champion SAC Indonesia di Stadion Sriwedari, Solo, Jawa Tengah.

Training camp ke luar negeri merupakan salah satu program rutin yang dimiliki DBL Indonesia untuk liga yang digelar. Konsep yang sama telah diterapkan sejak 2010 melalui program bernama DBL Camp, yang menyaring para student-athlete basket pilihan se-Indonesia. Mereka secara rutin diberangkatkan ke Amerika Serikat untuk berlatih, belajar dan bertanding.

Baca juga: PB Pasi Gelar Kompetisi Atletik Pelajar Terbesar se-Tanah Air

“Dengan program training camp ke luar negeri, kami harapkan para juara ini mendapat pengalaman berharga, entah itu berkompetisi, berlatih, belajar, sekaligus liburan,” lanjut Azrul Ananda.

Sekjen PB PASI Tigor Tanjung, juga mengatakan bahwa pemilihan Shanghai, sebagai tempat training camp bagi para champion SAC musim ini adalah keputusan tepat. Sebab, kota terbesar di Tiongkok ini memiliki kualitas fasilitas pengembangan olahraga yang sangat maju.

“Tempat latihan bagus, pertandingan bagus, pengembangan olahraga atletiknya juga bagus dan semoga anak-anak negeri kita bisa lebih tertarik pada atletik,” tutur Tigor Tanjung.

Baca juga: Indonesia Tuan Rumah Asia Masters Athletics Championship 2025

Energen Champion SAC Indonesia merupakan hasil kerjasama PB PASI dan DBL Indonesia. Selama dua musim penyelenggaraannya, Energen Champion SAC Indonesia mengalami pertumbuhan luar biasa. Pada penyelenggaraan musim lalu (2022), Energen Champion SAC Indonesia digelar di sembilan Regional Qualifiers dengan berhasil menggaet 31.215 peserta dari 2.135 sekolah. Musim 2023, meski hanya digelar di enam Regional Qualifiers, animonya justru meningkat pesat. Energen Champion SAC Indonesia 2023 diikuti 31.362 peserta dari 2.465 sekolah.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat