visitaaponce.com

Lewis Hamilton akan Tinggalkan Mercedes dan Bergabung dengan Ferrari pada 2025

Lewis Hamilton akan Tinggalkan Mercedes dan Bergabung dengan Ferrari pada 2025
Pembalap Mercedes Lewis Hamilton(AFP/ANDREJ ISAKOVIC)

JUARA dunia tujuh kali Formula 1 Lewis Hamilton akan pindah ke Ferrari pada tahun depan. Hal itu terungkap setelah tim Mercedes, Kamis (1/2), mengungkapkan pembalap Inggris itu akan hengkang pada akhir musim 2024.

"Lewis telah mengaktifikan opsi lepas dalam kontrak yang diumumkan Agustus lalu. Karenanya, musim ini akan menjadi musim terakhirnya bersama Silver Arrows," ungkap Mercedes dalam sebuah pernyataan resmi.

"Saya menjalani 11 tahun yang luar biasa bersama tim ini dan saya bangga dengan apa yang kami raih bersama. Mercedes telah menjadi bagian dari hidup saya sejak saya berusia 13 tahun. Ini adalah tempat dimana saya tumbuh. Karenanya, memutuskan untuk pergi adalah keputusan terberat yang pernah saya buat," kata Hamilton.

Baca juga : Hamilton dan Leclerc Didiskualifikasi dari GP Amerika Serikat

"Namun, waktunya telah tepat bagi saya untuk mengambil langkah berikutnya dan saya tidak sabar menghadapi tantangan baru," lanjutnya.

Ferrari juga telah mengonfirmasi kedatangan pembalap berusia 39 tahun, yang rencananya akan diduetkan dengan Charles Leclerc.

"Ferrari dengan bangga mengumumkan Lewis Hamilton akan bergabung pada 2025 dengan kontrak jangka panjang," ujar tim asal Italia itu.

Baca juga : Leclerc Optimistis Ferrari Bisa Kompetitif di Musim 2024

Hamilton sempat berunding dengan Ferrari pada 2019 mengenai kemungkinan bergabung dengan mereka di masa depan.

Hamilton, sebelumnya, meneken kontrak selama dua tahun dengan Mercedes untuk musim 2024 dan 2025. Namun, dalam kontrak itu ada klausa yang mengatakan pembalap itu bisa hengkang setelah menjalani satu musim.

Hamilton memenangi gelar Formula 1 terakhirnya pada 2020 namun kalah pada 2021 secara kontroversial dari Max Verstappen ketika direktur balapan mengabaikan aturan safety car di Abu Dhabi sehingga pembalap Inggris itu gagal menang di GP Abu Dhabi dan juara dunia Formula 1.

Baca juga : Leclerc Optimis Pangkas Poin Untuk Bersaing dengan Mercedes 

Sejak saat itu, Verstappen, yang 13 tahun lebih muda dari Hamilton, mendominasi Formula 1.

Hamilton finis keenam di klasemen pembalap pada 2022 dan ketiga pada 2023.

"Lewis akan selalu menjadi bagian penting dalam sejarah Mercedes," ujar prinsipal tim Mercedes Toto Wolff.

Baca juga : Leclerc Tuntut Ferrari Bisa Saingi Red Bull, Mercedes, dan McLaren

"Namun, kami menyadari kerja sama ini akan berakhir pada suatu saat dan hari itu kini telah tiba. Kami menerima keputusan Lewis untuk mencari tantangan baru," lanjutnya. (AFP/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat