visitaaponce.com

Danielle Collins Tundukkan Alexandrova dan Berharapan dengan Elena Rybakina di Miami Terbuka

Danielle Collins Tundukkan Alexandrova dan Berharapan dengan Elena Rybakina di Miami Terbuka
Danielle Collins berhasil melaju ke final seri 1000 Miami setelah mengalahkan Ekaterina Alexandrova dengan skor dominan 6-3, 6-2. (AFP)

PETENIS Danielle Collins, dalam tahun terakhirnya di Tur WTA sebelum pensiun, berhasil memastikan final seri 1000 pertamanya di Miami pada Kamis dengan kemenangan dominan 6-3, 6-2 atas Ekaterina Alexandrova.

Collins berusia 30 tahun, akan menghadapi Elena Rybakina peringkat keempat dalam final Sabtu nanti. Pemain Kazakhstan tersebut sempat mendapat perlawanan dari veteran Victoria Azarenka sebelum akhirnya meraih kemenangan 6-4, 0-6, 7-6 (7/2).

Collins menyangkal performa bagusnya menuju babak empat besar kali ini merupakan hasil dari bermain dengan bebas setelah mengumumkan niatnya untuk pensiun pada akhir tahun ini.

Baca juga : Elena Rybakina ke Final Miami Terbuka setelah Mengalahkan Victoria Azarenka

Namun sekali lagi, Collins terlihat rileks dan berada dalam kendali penuh saat dia mengambil alih sepenuhnya dalam pertandingan melawan Alexandrova dari Rusia, yang sebelumnya mengalahkan petenis nomor satu dunia Iga Swiatek di babak keempat sebelum mengalahkan unggulan kelima Jessica Pegula dari Amerika Serikat.

"Ini bahkan lebih istimewa datang di negara bagian saya sendiri," kata Collins, yang berasal dari St. Petersburg dekat Tampa.

"Saya sudah beberapa tahun bagus di sini, tapi ini pasti yang paling berkesan," tambahnya.

Baca juga : Miami Terbuka 2024: Alexandrova Jadi Lawan Collins di Semifinal

Alexandrova sempat mematahkan servis awal dalam set pertama, tetapi Collins dengan cepat mengembalikan keseimbangan pertandingan, kemudian mematahkan lagi untuk unggul 4-2 dan mengambil set tersebut.

Kemudian, Collins mematahkan servis Alexandrova di game servis pertamanya di set kedua dan menang dengan mudah untuk menyelesaikan kemenangan dalam 74 menit.

"Aku mengikuti semua pertandingannya di turnamen ini, menyenangkan melihatnya karena kami memiliki gaya permainan yang sangat mirip. Itu sulit ketika seperti itu," kata Collins.

Baca juga : Grigor Dimitrov Singkirkan Carlos Alcaraz di Miami Terbuka

"Itu membuat saya harus berkonsentrasi lebih keras, bereaksi lebih cepat, dan benar-benar membuat saya harus bermain pada level tertinggi," katanya.

Rybakina berusia 24 tahun kembali ke final Miami untuk tahun kedua berturut-turut setelah kalah dari Petra Kvitova dari Republik Ceko pada tahun 2023.

Penampilannya menunjukkan bahwa dia akan menjadi favorit kuat melawan Collins.

Baca juga : Alexander Zverev Mendukung Fabian Marozsan untuk Bergabung dengan Elite ATP

Sejauh ini tahun ini, Rybakina telah memenangkan gelar di Brisbane, Abu Dhabi, dan final WTA 1000 pertamanya tahun ini di Doha.

Pelayanannya terlalu kuat bagi Azarenka di set pertama, tetapi kemudian memudar secara drastis di set kedua sebelum mematahkan servis untuk unggul 3-2 di set ketiga.

Tetapi dalam tie-break, Rybakina menemukan pelayanan dalam gaya yang spektakuler, membuat Azarenka tak berdaya dengan ace menakutkan untuk unggul 3-0.

Baca juga : Alexander Zverev Melaju ke Semifinal Miami Terbuka Setelah Mengalahkan Marozsan

Hasilnya tidak pernah diragukan lagi sejak saat itu tetapi juara Wimbledon 2022, Rybakina, yang menarik diri dari pertahanan gelarnya di Indian Wells bulan ini karena sakit, mengatakan dia mengalami masalah fisik di set kedua.

"Ada jeda di mana saya tetap di lapangan dan saya pikir saya mungkin seharusnya pergi (untuk) sedikit karena kondisi sangat lembab dan sulit, energi turun dan Vika kembali dengan sangat agresif.

"Setelah tiga game ketika saya kalah begitu mudah, sangat sulit untuk berkumpul kembali sehingga saya tahu akan ada set ketiga dan saya hanya mencoba untuk mempersiapkannya," tambahnya.

Rybakina mengatakan dia bisa masuk ke zona untuk tie-break.

"Saya mematikan pikiran sedikit untuk tie-break dan saya hanya menyerang," katanya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat