visitaaponce.com

Kasparov Junior Chess Tournament 2024 Jadi Bukti Catur Indonesia Diperhitungkan

Kasparov Junior Chess Tournament 2024 Jadi Bukti Catur Indonesia Diperhitungkan
Pembukaan Kasparov Junior Chess Tournament 2024.(DOK PB PERCASI)

PB Percasi menggelar Kasparov Junior Chess Tournament 2024 pada Sabtu (11/5). Ajang itu akan berlangsung hingga keesokan harinya di Sekolah Catur Utut Adianto (SCUA), Bekasi, Jawa Barat. Nama turnamen diambil dari pecatur Rusia Garry Kasparov.

Kasparov Junior Chess Tournament 2024 merupakan bagian dari upaya Dewan Pembina PB Percasi Eka Putra Wirya, Ketua Umum PB Percasi GM Utut Adianto, dan beberapa tokoh catur lainnya untuk mengembangkan bakat catur di Indonesia. Percasi berharap dengan keterlibatan Kasparov, akan ada dorongan besar bagi perkembangan catur nasional.

Representative Kasparov Foundation dan Presiden Catur ASEAN Ignasius Leong mengatakan Indonesia merupakan salah satu negara yang caturnya kuat di Asia Tenggara

Baca juga : Aditya Berencana Raih Norma di Uni Emirat Arab

"Itu menjadi alasan Kasparov Foundation menggelar kejuaraan di Indonesia, dan kami berharap akan lahir Grandmaster dari Indonesia dari turnamen ini,” kata Leong.

Pada saat yang sama, Utut menyambut gembira dengan kepercayaan Kasparov Foundation menggelar kejuaraan di Indonesia. Dia mengatakan dengan diadakannya Kasparov Junior Chess Tournament 2024 di Indonesia, artinya catur Indonesia memang diperhitungkan.

"Catur sebagai tool, suatu hari mereka yang bergelut sebagai atlet catur saya yakin akan sukses di bidang masing-masing. Karena catur mengajarkan banyak hal, dintaranya strategi, kalkulasi dan pengendalian diri menekan emosi. Hanya sedikit yang akan jadi Grand Master karena pencapain yang satu ini harus total dan fokus serta punya kesungguhan dari dalam diri,” terang Utut.

Adapun Kasparov Junior Chess Tournament 2024 diikuti oleh 127 peserta dengan rincian 94 pecatur putra dan 33 pecatur putri. Mereka memainkan pertandingan catur standar 6 babak. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat