visitaaponce.com

Pelatih Sebut Jonatan dan Ginting Masih Miliki Beban Mental Jelang Olimpiada Paris 2024

Pelatih Sebut Jonatan dan Ginting Masih Miliki Beban Mental Jelang Olimpiada Paris 2024
Dua tunggal putra bulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting (kiri) dan Jonatan Christie(AFP/JUSTIN TALLIS)

PELATIH tunggal putra bulu tangkis Indonesia, Irwansyah, mengatakan Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting masih memiliki beban mental untuk menuju Olimpiade Paris 2024, Juli nanti.

Ia membeberkan, tim kepelatihan dan pemain menyadari ada beberapa hal yang harus dievaluasi, setelah hasil buruk di Indonesia Terbuka lalu, salah satunya beban mental yang dialami para pemain.

"Kekalahan di Indonesia Terbuka bukan mengenai permainannya, tetapi lebih ke beban pikiran mereka. Itu yang membuat Jojo dan Ginting membebani diri sendiri," kata pelatih yang kerap disapa Bang Aboy, usai memimpin latihan persiapan atlet untuk Olimpiade Paris 2024 di Pelatnas PBSI Cipayung, Jakarta, Rabu (12/6).

Baca juga : Tersingkir Cepat di Indonesia Terbuka, Performa Ginting dan Jonatan akan Dievaluasi

Lebih lanjut, dia membeberkan, tekanan Olimpiade sangat tinggi, sehingga para pemain butuh penjernihan pikiran, agar bisa bermain tenang saat bertanding nanti.

Oleh sebab itu, Aboy telah meminta tim psikolog untuk membantu menyelesaikan beban pikiran atau mental yang ada di dalam diri pemain.

Selain fokus mengurus masalah beban pikiran pemain, dia juga telah berkoordinasi dengan Tim Ad Hoc Olimpiade dan Tim Analisis Performa untuk menyiapkan program-program yang dibutuhkan untuk meningkatkan fisik dan teknik.

Baca juga : Ginting Bertekad Perbaiki Penampilan Jelang Olimpiade Paris 2024

"Jadi, dalam beberapa pekan ini akan dikuatkan otot dan fisiknya, setelah itu kami juga akan latihan teknik," ujar pria kelahiran Kota Binjai, Sumatra Utara tersebut.

Semua itu dilakukan, tambah Irwansyah, supaya pemain bisa lebih kuat dan cepat saat bertanding nanti.

Ia menambahkan, untuk kebutuhan persiapan Olimpiade Prancis 2024, Jojo dan Ginting belum membutuhkan sparring partner atau rekan latihan dari negara luar, karena pemain-pemain lain yang ada di pelatnas saat ini juga sudah cukup membantu. (Ant/Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat