visitaaponce.com

Wuling Air evCocok Jadi Mobil Listrik Pertama Pecinta Otomotif, Ini Sederet Fiturnya

Wuling Air ev Cocok Jadi Mobil Listrik Pertama Pecinta Otomotif, Ini Sederet Fiturnya
Wuling Air ev(Antara/Muhammad Iqbal)

KENDARAAN listrik kini semakin familiar bagi konsumen tanah air. Bahkan tak sedikit pula masyarakat Indonesia yang tidak ragu untuk membeli mobil bertenaga baterai sebagai kendaraan sehari-hari. Tak hanya itu, pemerintah juga terus mendorong percepatan kendaraan listrik dengan memberikan subsidi terhadap kendaraan listrik baik motor maupun mobil. 

Bicara soal peralihan ke kendaraan listrik, tentunya harus melewati pertimbangan yang matang. Pasalnya, mobil listrik tetap saja masih menjadi barang baru, sehingga masyarakat tidak boleh asal saat ingin membeli mobil listrik pertama mereka.

Salah satu model mobil listrik yang layak direkomendasikan sebagai kendaraan listrik pertama adalah EV mungil produksi Wuling yakni Air ev

Baca juga : Mitsubishi XFC Concept Singgah di Kota Surabaya

Salah satu alasan kenapa Air ev berada di list tersebut dikarenakan faktor ekonomis. Bagaimanapun juga, Air ev memiliki banderol yang jauh lebih murah dibandingkan mobil-mobil listrik jenama lain yang relatif mahal, dengan banderol mulai dari Rp600 jutaan ke atas. 

Wuling Air ev sendiri dipasarkan dengan harga Rp243 juta untuk varian Standard Range. Sedangkan untuk model Longe Range, mobil listrik ini ditawarkan dengan harga Rp299,5 juta. 

Baca juga : Kia Pamerkan Mobil Listrik Concept EV5 di Tiongkok

Nantinya mobil ini juga masuk dalam kategori mobil listrik yang disubsidi pemerintah. Untuk Air ev, pihak Kemenperin telah memberi bocoran jumlah subsidinya berkisar mulai dari Rp25 juta - Rp35 juta. 

"Ini masih kita hitung (subsidi) dan kita lakukan segera," ungkap Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita beberapa waktu lalu.

Meski harganya sangat terjangkau, spesifikasi Air ev sama sekali tidak membuat mobil ini dianggap murahan. Mobil ini mengusung desain eksterior futuristik berdimensi kompak yang sangat menunjang aktivitas keseharian di dalam kota. 

Dari aspek kenyamanan, kabin Air ev juga menawarkan konfigurasi 4-seater yang lega dengan pengaturan 50:50 pada bangku baris kedua untuk memberikan akses lebih lega. Aspek kenyamanan ditunjang dengan aplikasi Synthetic Leather Seat di seluruh bangku. 

Terdapat pula cup holder yang terletak persis di depan kisi-kisi AC, serta beberapa kompartemen penyimpanan barang yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang.

Selain itu, implementasi konsep modern dan futuristik juga tertuang dalam tampilan konsol tengah pada Wuling Air ev. Pada bagian ini, Rotary Gear Selector hadir sebagai pengoperasi transmisi. Konsol tengah kendaraan ini juga turut dilengkapi dengan tombol pengoperasian jendela elektrik, Electric Parking Brake, dan Auto-Vehicle Holding.

Nuansa futuristik disematkan pada sektor Intelligent Tech Dashboard, terdapat Integrated Floating Wide Screen. Bagian ini terdiri dari head unit berdimensi 10,25 inci serta meter cluster berukuran 10,25 inci. 

Sistem hiburan head unit sudah dilengkapi dengan konektivitas internet sehingga pengguna bisa mengakses beragam hiburan yang membuat perjalanan kian menyenangkan. 

Tak ketinggalan, fitur voice command berbahasa Indonesia yakni Wuling Indonesia Command (WIND) juga sudah disematkan di Air ev. Lewat fitur WIND, pengemudi ataupun penumpang bisa melakukan beragam pengoperasian dengan perintah berbahasa Indonesia. 

Cukup dengan kata kunci 'Halo Wuling' pengemudi atau penumpang bisa membuka tutup jendela, mengakses hiburan seperti musik atau radio, melakukan panggilan telepon dan masih banyak yang lainnya. 

Beralih ke fitur ke keselamatan, terdapat dua airbag untuk pengemudi dan penumpang baris pertama. Sistem pengeremannya, didukung dengan rem cakram di bagian roda depan dan belakang. 

Selain itu, hadir pula fitur keselamatan lainnya seperti ABS, EBD, TPMS, sound module for pedestrian warning, ISOFIX, electronic stability control (ESC) dan electric parking brake, serta Immobilizer and anti-theft alarm.

Air ev diperkuat dengan baterai Lithium Ferro-Phospate kapasitas 17,3 kWH untuk varian standard range dengan jarak tempuh lebih dari 200 km (kondisi penuh). Sedangkan versi Long Range menggunakan baterai kapasitas 26,7 kWH dengan jarak tempuh lebih dari 300 km (kondisi penuh). 

Kesimpulannya, Wuling Air ev layak menjadi pilihan mobil listrik pertama karena kendaraan ini dirancang dengan Easy to Use, baik untuk penggunaan sehari-hari, perawatan, hingga sistem pengecasan baterai yang sangat mudah diakses. Air ev juga dirancang untuk bisa dicas dengan mudah di rumah cukup dengan voltase 200 volt.

Biaya perawatan Wuling Air ev juga sangat terjangkau. Untuk servis berkala setiap 10 ribu kilometer, biaya yang dikeluarkan berkisaran Rp240 ribu hingga Rp559 ribu. Sehingga diperkirakan untuk biaya servis berkala yang dikeluarkan untuk 5 tahun atau 100 ribu kilometer adalah Rp3,9 jutaan.

Tak kalah penting, Wuling memberikan garansi untuk komponen inti yang terdiri dari garansi power battery system assembly, drive motor, dan motor controller hingga 8 tahun atau 120 ribu kilometer, serta garansi reducer, power distribution unit dan user connection unit sampai dengan 5 tahun atau 100 ribu kilometer. 

Selain itu, garansi umum kendaraan juga tetap berlaku sampai dengan 3 tahun atau 100 ribu kilometer. (RO/Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat