visitaaponce.com

Cara Cerdas Membeli Mobil Bekas Berkualitas

Cara Cerdas Membeli Mobil Bekas Berkualitas
ilustrasi: Petugas showroom membersihkan mobil bekas yang hendak dijual(Antara)

Membeli mobil bekas susah-susah gampang, apalagi yang kelas premium. Bagi mereka yang berencana membeli kendaraan second ini, perlu mencari info lengkap sebelum memutuskan membeli mobil tersebut. “Perlu penelitian dan strategi yang cerdas. agar Anda dapat meningkatkan peluang mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dengan harga yang wajar,” ungkap Hendry, Sales Marketing Auto High, salah satu showroom yang berlokasi di kawasan Bintaro, Tangerang selatan dan Arteri Pondok Indah, belum lama ini.

Menurutnya ada sejumlah panduan penting yang dapat membantu saat berencana membeli mobkas segmen premium di showroom. Yang pertama,  akukan penelitian mendalam tentang mobil yang diinginkan. “Cek harga pasaran, spesifikasi, keandalan, dan masalah yang mungkin terjadi pada model yang diminati.” 

Tips kedua, menurut Hendry, adalah memeriksa riwayat dan kondisi mobil secara menyeluruh sebelum membeli. Mintalah bukti perawatan dan servis rutin yang dilakukan pemilik sebelumnya. Periksa pula cat, bodi, kondisi mesin, sistem elektronik, dan semua komponen penting lainnya. “Jika tidak memiliki keahlian dalam memeriksa mobil, Anda dapat meminta bantuan seorang mekanik terpercaya untuk melakukan inspeksi menyeluruh,” ujarnya.

Langkah berikutnya adalah memastikan kelengkapan dan keaslian dokumen kendaraan. Periksalah surat-surat kepemilikan, bukti pemeliharaan, faktur servis, asuransi, dan laporan kecelakaan jika ada. “Pastikan tak ada beban hukum atau utang yang melekat pada mobil tersebut. Jika ada keraguan, konsultasikan dengan seorang ahli hukum atau pengacara yang berpengalaman dalam transaksi mobil bekas,” tuturnya

Dia menyarankan calon pembeli melakukan tes drive untuk merasakan performa mobil di berbagai kondisi jalan. Perhatikan kenyamanan, respons mesin, sistem kemudi, sistem rem, dan semua fitur lainnya.

Langkah terakhir setelah meneliti dan memastikan mobil dalam kondisi baik, menurut  Hendry tak ada salahnya pembeli melakukan negosiasi harga. “Kalau memungkinkan, silahkan lakukan penawaran harga,” tutupnya. (RO/M-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Adiyanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat