visitaaponce.com

Hasilkan Nol Emisi, Penemuan Nikuba Perlu Diuji Lebih Detil

Hasilkan Nol Emisi, Penemuan Nikuba Perlu Diuji Lebih Detil
Aryanto Misel, pencipta Niku Banyu (Nikuba) yang bisa mengubah air menjadi bahan bakar kendaraan bermotor.(Metro TV)

PENGAMAT otomotif Mukiat Sutikno menilai bahwa Nikuba, bahan bakar kendaraan bermotor yang ditemukan oleh masyarakat Cirebon, Provinsi Jawa Barat, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

"Perlu penelitian lebih detil dan uji coba untuk memastikan bahwa itu sesuai standar dari safety performance sparepart dari kendaraan bermotor tersebut," kata Mukiat saat dihubungi, Selasa (11/7).

Ia mengungkapkan, sebenarnya perkembangan mengenai bahan bakar yang berasal dari air sudah pernah dikembangkan oleh peneliti. Teknologi tu bernama hydrogen fuel cell vehicles. Namun, hingga saat ini penelitian itu belum dikembangkan secara lebih detil sehingga bisa siap pakai.

Baca juga : Bahan Bakar Nikuba Hasil Penelitian Aryanto Wisel Diminati Perusahaan Otomotif Italia

Menurut dia, penelitian nikuba tidak ada salahnya untuk dikembangkan secara lebih detil, asalkan sesuai dengan kaidah ilmiah yang berlaku. Pasalnya, kendaraan berbahan dasar air akan memberikan dampak positif bagi lingkungan karena akan menghasilkan nol emisi.

"So far kalau bisa digunakan kenapa enggak dikembangkan. Mengingat jumlah kendaran bermotor skuter di Indonesia ini kan banyak. Ini akan mengurangi beban kita terhadap bahan bakar dari segi subsidi dan mengurangi polusi bahan bakar motor," ucap dia.

Baca juga : BRIN akan Fasilitasi Riset Nikuba

Seperti diketahui, warga Cirebon, Aryanto Misel tengah banyak diperbincangkan karena ia mengklam berhasil menciptakan air menjadi bahan bakar yang bernama Nikuba. Aryanto mengaku diundang langsung oleh pabrikan otomotif Italia untuk mempresentasikan hasil temuannya itu.

mengungkapkan bahwa pihak Ferarri antusias mengetahui penemuan bahan bakar yang terbuat dari air hasil temuannya.

"Pihak otomotif di Milan antusias sekali mendengar temuan ini," kata Aryanto.

Seperti diketahui, eksperimen Aryanto menemukan Nikuba berawal dari keprihatinannya melihat tukang ojek yang harus mengeluarkan banyak uang untuk membeli BBM. Cara kerja Nikuba yakni dengan mengubah atau konverter dari air ke hidrogen yang kemudian langsung disalurkan ke ruang pembakaran. Dengan demikian air yang telah diproses bisa digunakan menjalankan mesin sepeda motor. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat