visitaaponce.com

BRIN akan Fasilitasi Riset Nikuba

BRIN akan Fasilitasi Riset Nikuba
Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN)(Dok. BRIN )

BADAN Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengungkapkan bahwa pihaknya akan memfasilitasi penelitian Nikuba atau Niku Banyu hasil temuan warga Cirebon, Jawa Barat.

"Itu (Nikuba) salah satu yang sedang kita ajak supaya dia bisa dibuktikan secara saintifik. Itu dulu nomor satu, sehingga kalau ada perlu penyempurnaan kita sempurnakan bersama-sama," kata Kepala BRIN Laksana Tri Handoko di Cibinong, Jawa Barat, Rabu (5/7).

Seperti diketahui, warga Cirebon, Aryanto Misel tengah banyak diperbincangkan karena ia mengeklaim berhasil menciptakan air menjadi bahan bakar yang bernama Nikuba.

Baca juga: Sri Mulyani Pastikan Anggaran Pengembangan Riset Memadai

Berkat temuannya itu, Aryanto diundang langsung oleh pabrikan otomotif Italia untuk mempresentasikan hasil temuannya itu.

Handoko mengaku, ia sudah mengirimkan tim untuk mengecek temuan Aryanto itu. Lalu berdasarkan hasil asesmen, dinyatakan bahwa temuan itu masih perlu dilakukan riset lebih lanjut.

Baca juga: BRIN Prioritaskan Riset Bonus Demografi dan Pangan

"Nikuba kan basic-nya nitrogen dan dijadikan sebagai bahan bakar. Banyak bagian temuan dan sebagainya yang kita lakukan bersama-sama. Kalau di sains kita akan berhati-hati, dan kita lihat bersama dan dikembangkan sampai sama-sama diterima oleh komunitas ilmiahnya," beber dia.

Dengan adanya lembaga BRIN, Handoko meyakini bahwa periset dari komunitas masyarakat, pemerintah hingga perguruan tinggi bisa melakukan berbagai inovasi dan mengembangkannya bersama di BRIN untuk tujuan hilirisasi.

"Secara prinsip setelah adanya bRIN kan beda dengan dahulu. Sekarang di BRIN kita ada semua fasilitas, kita sediakan, baik itu di kampus, komunitas personal dan individu yang mengembangkan Nikuba ini," pungkas Handoko. (Ata/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat