visitaaponce.com

Sri Mulyani Pastikan Anggaran Pengembangan Riset Memadai

Sri Mulyani Pastikan Anggaran Pengembangan Riset Memadai
Wakil Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Sri Mulyani(AFP)

WAKIL Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Sri Mulyani memastikan bahwa kebutuhan dana untuk melengkapi sarana dan prasarana BRIN akan terus terpenuhi, berapa pun jumlahnya.

"Jadi kita akan terus memantau kebutuhan, mulai dari pembangunan laboratoriumnya kemudian peralatannya. Tadi kepala BRIN menyampaikan ada peralatan yang mahal. Tidak ada masalah mahal atau gak mahal, itu butuhnya berapa dan yang paling penting bisa digunakan oleh para peneliti dan kemudian operasional dari penelitian," kata Sri di Cibinong, Jawa Barat, Rabu (5/7).

Adapun, pada 2022 pihaknya telah menggelontorkan dana sebesar Rp6,46 triliun pada BRIN dari APBN. Sementara realisasinya yakni Rp5,8 triliun.

Baca juga : BRIN Kucurkan Dana Riset Rp700 Miliar untuk Masyarakat Umum

Lalu pada 2022 ini pihaknya memberikan dana sebesar Rp6,66 triliun dan baru terealisasi sebanyak Rp1,7 triliun.

"Jadi kita berharap anggaran ini bisa terserap sampai akhir tahun," imbuh dia.

Selain itu, BRIN juga mendapatkan pendanaan dari surat berharga syariah negara (SBSN) untuk membangun fasilitas gedung penelitian dan laboratorium.

Baca juga : Resmikan Animalium BRIN, Megawati Harap Riset RI Lebih Terstruktur

Pada 2022, anggaran yang digelontorkan dari SBSN untuk pembangunan gedung ialah sebesar Rp1,17 triliun, sementara realisasinya adalah Rp957 miliar. Lalu tahun ini ada anggaran dari SBSN sebesar Rp519 miliar dan baru terealisasi sebesar Rp20 miliar.

"Sehingga kita meyakinkan bahwa anggarannya memadai. Tinggal sekarang organisasinya karena yang seperti Ibu Megawati sampaikan ini adalah penggabungan dari banyak sekali kegiatan kegiatan yang tadinya ada di kementerian/lembaga," ucap Sri.

"Kita harap organisasinya segera settle sehingga para peneliti betul betul bisa fokus menjalankan tugas penelitian sesuai dengan prioritas yang telah disampaikan Ibu Megawati tadi," pungkas dia. (Ata)

Baca juga : 65% Anggaran Riset untuk Biayai Manajemen, DPR: Prihatin!

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat