visitaaponce.com

BRIN Terbuka Memfasilitasi Riset Nikuba

BRIN Terbuka Memfasilitasi Riset Nikuba
Aryanto Misel, pencipta Niku Banyu (Nikuba), alat pengubah air menjadi bahan bakar kendaraan bermotor(Metro TV News)

BADAN Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menegaskan bahwa pihaknya masih terbuka untuk melakukan fasilitasi penelitian Nikuba karya Aryanto Misel.

"Jika ada peluang melanjutkan komunikasi kita yang terdahulu, ya, siap saja. Saya juga sudah pernah menghubungi beliau tapi belum ada respon," kata Direktur Pemanfaatan Riset dan Inovasi pada Kementerian/Lembaga, Masyarakat, Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah BRIN Dadan Nugraha di kantor BRIN, Jakarta Pusat, Jumat (14/7).

Dadan menegaskan, di awal temuan Nikuba viral, pihak BRIN juga pernah bertemu dengan Aryanto. Di sana, Aryanto pun disebut belum membuka peluang untuk menguji risetnya lebih jauh dengan BRIN.

Baca juga : Tanggapi Nikuba, BRIN: Air Belum Bisa Gantikan Fosil jadi Bahan Bakar

Ia juga membantah pernyataan Aryanto yang merasa tidak dihiraukan oleh pemerintah.

Baca juga : Hasilkan Nol Emisi, Penemuan Nikuba Perlu Diuji Lebih Detil

"Ya, saya tidak tahu konteks dikucilkan seperti apa. Yang jelas kita tidak ada pretensi mengucilkan. Malah kita menawarkan apa yang bisa BRIN dukung bantu dan menyempurnakan produknya. Kalau beliau punya perasaan seperti itu, ya tidak tahu apa dasarnya," beber dia.

Namun, BRIN belum bisa memastikan apakah temuan Aryanto itu merupakan sebuah inovasi. Pasalnya, mereka belum melihat lebih detil temuan tersebut.

"Kami belum pernah melihat secarq langsung teknologi apa yang diginakan Nikuba karena beliau tidak mau membuka. Kami sudah menawarkan kalau butuh pengujian, tempat kami terbuka," kata Kepala Organisasi Riset Energi dan Manufaktur Haznan Abimanyu. (Z-8)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putra Ananda

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat