visitaaponce.com

Kendaraan Listrik jadi Masa Depan Transportasi Ramah Lingkungan

Kendaraan Listrik jadi Masa Depan Transportasi Ramah Lingkungan
kendaraan listrik mengisi daya di SPKLU(MI/Ramdani)

TRANSPORTASI menjadi sallah satu sektor yang paling banyak menyumbang emisi gas rumah kaca di dunia. Hal ini disebabkan oleh penggunaan bahan bakar fosil, seperti minyak bumi, batu bara dan gas alam yang menghasilkan emisi karbon dioksida dan gas lainnya yang dapat menyebabkan pemanasan global.

Salah satu mengatasinya ialah dengan konversi ke kendaraan listrik. Hal itu pun akan menjadi salah satu pembahasan dalam Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023 yang diselenggaraan PT Shan Hai Map pada 13-14 November mendatang. 

"Kendaraan listrik adalah salah satu solusi untuk transportasi yang lebih bersih dan ramah lingkungan. Kendaraan listrik tidak menghasilkan emisi gas buang, sehingga tidak berkontribusi terhadap pemanasan global. Selain itu, kendaraan listrik juga lebih hemat biaya karena tidak perlu menggunakan bahan bakar minyak," kata Lina, Ketua Panitai Penyelenggara Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023 dalam keterangan tertulisny, Senin (28/8).

Baca juga : UEVO Turut Berkontribusi dalam Pengurangan Bahan Bakar Fosil

Saat ini, harga kendaraan listrik masih lebih mahal dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Namun, harga kendaraan listrik terus menurun seiring dengan perkembangan teknologi. Diperkirakan, harga kendaraan listrik akan menjadi lebih terjangkau dalam beberapa tahun ke depan.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat diharapkan dapat membuat kendaraan listrik menjadi lebih populer di Indonesia. Dengan semakin banyaknya kendaraan listrik di Indonesia, maka emisi gas buang kendaraan bermotor dapat dikurangi. Hal ini akan berdampak positif bagi lingkungan hidup.

Lina mengungkapkan, manfaat penggunaan kendaraan listrik mencakup mengurangi emisi gas rumah kaca, menghemat biaya bahan bakar minyak, meningkatkan ketahanan energi karena energi terbarukan tidak akan habis, dan menciptakan lapangan kerja baru di bidang energi terbarukan.

Baca juga : Riset : Kendaraan Listrik Berbasis Baterai Lebih Berkontribusi Kurangi Emisi Gas Rumah Kaca

"Energi terbarukan adalah masa depan transportasi yang bersih dan ramah lingkungan. Dengan menggunakan energi terbarukan, kita dapat mengurangi emisi gas rumah kaca, menghemat biaya bahan bakar minyak, meningkatkan ketahanan energi, dan menciptakan lapangan kerja baru," ujar Lina.

Pada ajang Indonesia Renewable Energy Investment Summit 2023, PT Shan Hai Map akan menjelaskan pentingnya peran energi terbarukan di kehidupan manusia di kehidupan sekarang, serta untuk menarik perhatian para investor dari luar negeri agar dapat melakukan investasi di Indonesia dalam bidang energi terbarukan. 

"Sehingga tidak hanya memajukan perekonomian Indonesia, namun juga berharap dengan mendorong energi terbarukan ini dapat lebih ramah lingkungan karena dapat mengurangi pencemaran udara dan kerusakan lingkungan akibat eksplorasi," pungkas Lina. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat