visitaaponce.com

Mau Mudik Ramadan Siapkan Barang Ini di Mobil Anda

MAU melakukan perjalanan mudik baik itu dengan jarak jauh atau jarak dekat di bulan Ramadan 2024, kamu harus selalu berjaga-jaga atas segala situasi tak terduga yang bisa terjadi di jalan. Oleh karena itu, ada beberapa alat yang wajib di mobil kamu agar perjalanan lebih tenang, nyaman dan aman.

Alat apa saja ya? Simak daftar dan penjelasannya di bawah ini, yuk!

Kotak P3K
Keberadaan kotak P3K dalam mobil bahkan sudah diatur di dalam UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Siapkan hal-hal ini di dalam kotak P3K mobilmu:
- Kapas
- Kasa steril
- Kasa gulung
- Cairan antiseptik
- Tisu antiseptik
- Senter
- Sarung tangan
- Obat-obatan
- Gunting kasa
- Plester
- Kompres instan

Baca juga : Inilah Tips Cara Mudah Rawat Motor Listrik agar Kinerjanya Tetap Optimal 

Ban Cadangan
Tentu saja, pilih ban cadangan yang memang sesuai dengan spesifikasi ban mobilmu. Selain itu, lengkapi juga ban cadanganmu dengan toolkit untuk mempermudah penggantian ban sendiri, seperti dongkrak, bahkan kompresor portabel mini bila perlu.

Segitiga Pengaman
Walaupun kelihatan sepele, segitiga pengaman adalah salah satu alat yang wajib ada di mobil kamu dan sudah diwajibkan dalam UU No 22/2009. Segitiga pengaman berfungsi sebagai penanda bagi para pengguna jalan lain apabila terjadi sesuatu pada mobilmu, mulai dari mogok hingga kecelakaan.

Alat Pemadam Api Ringan (APAR)
Tahukah kamu kalau sebenarnya mobil berisiko terbakar karena konslet atau overheat? Untuk mencegahnya, selalu pastikan ada APAR di dalam kendaraan. Jadi, begitu ada api muncul secara tak terduga, kamu bisa langsung semprotkan APAR untuk mencegah agar api tidak membesar.

Baca juga : Pelumas yang Penting Dibawa Saat Turing Sepeda Motor

Alat Keselamatan Tambahan
Ada beberapa alat keselamatan lain yang bisa kamu sediakan juga di mobil. Contohnya dashcam alias dashboard camera, pepper spray, dan stun gun. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri dari berbagai risiko keselamatan, terutama yang berasal dari oknum dengan niat jahat.

Buku Manual Kendaraan
Di dalam buku manual kendaraan, terdapat petunjuk atau arahan yang bisa kamu ikuti jika terjadi hal tak terduga di perjalanan. Apalagi jika kamu bepergian jauh dan sedang berada di lokasi yang susah sinyal internet.

Car Jump Starter/Alat Jumper Aki
Jumper aki sangat wajib dibawa saat mudik di bulan Ramadan 2024 ini, terutama untuk mobil bertransmisi otomatis. Banyak pilihan Car Jump Starter di pasaran, salah satunya adalah dari brand Notale. Car Jump Starter Notale sangat praktis dibawa ke manapun karena bentuknya yang kecil dan portable, sehingga sangat cocok jadi teman perjalanan kamu saat mudik Ramadan.

Baca juga : Tips Mudik Aman dan Lancar dengan Kapal Laut ala Pakar Maritim

Dengan Car Jump Starter Notale, Anda bahkan tidak perlu bergantung pakai aki kendaraan lain. Cukup hubungkan jump starter ke aki mobilmu, kamu bisa menambah daya listrik ke aki agar mobil bisa kembali menyala. 

Selain itu, dengan kapasitas baterai 12.000 mAh Notale Jump Starter juga dapat dijadikan powerbank untuk ponsel kamu di tengah perjalanan mudik Ramadan 2024. Aksesoris kendaraan yang dilengkapi garansi 12 bulan dan dukungan service center di 30 kota seluruh Indonesia ini, dapat diperoleh di berbagai marketplace, atau sosial media Instagram dan Tiktok. (RO/S-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat