visitaaponce.com

Microlino Lite, Mobil Imut Gak Butuh SIM A

BELUM lama ini hadir sejumlah mobil listrik mikro yang berusaha memikat hati penduduk kota di Eropa, seperti Mobilize Duo dari Renault, Silence S04, Ami dari Citroen dan lainnya. Bisa dibilang desain yang paling lucu adalah mobil serbabulat Microlino EV, dan saat ini versi Lite-nya sudah siap untuk meluncur.

Mobil gelembung Microlino bertenaga listrik ini pertama kali melakukan debut di Geneva Motor Show 2016. Bagi para penggemar otomotif generasi lawas tentu ingat desain mobil imut Isetta keluaran pabrikan mobil Jerman BMW antara 1955-1962. Mobil inilah yang menjadi inspirasi desain Microlino. 

Setelah beberapa tahun kemudian produksi Microline tertunda, dan perusahaan menghadirkan desain ulang lengkap untuk Isetta modern diikuti dengan tiga edisi peluncuran.

Baca juga : Hyundai Tampilkan SEVEN Concept di IIMS 2024

Produksi mobil pertama dimulai pada 2022, dan kesepakatan dibuat untuk distribusi di Belgia, Yunani, Prancis, Italia, Belanda, dan Swiss. Sekarang Lite, yang juga diungkapkan pada 2022, tengah disiapkan untuk diluncurkan pada awal musim panas belahan bumi utara.

Di luar, mobil ini tetap mempertahankan tampilan menggemaskan dari saudara tua-nya, Isetta, namun dirancang untuk orang-orang yang belum memiliki surat izin mengemudi mobil serta pengguna e-mobilitas yang lebih muda di Prancis dan Italia. Remaja berumur 14 tahun dapat mengemudi, meskipun mereka harus memiliki izin mengendarai skuter terlebih dahulu dan terbatas pada kecepatan maksimal 45 km/jam.

"Microlino Lite adalah kontribusi kami untuk membuat solusi mobilitas berkelanjutan dapat diakses oleh komunitas yang lebih luas," kata salah satu pendiri Microlino Merlin Ouboter. "Kami menyadari kebutuhan yang semakin meningkat untuk mobilitas seperti ini, terutama di kalangan mereka yang ingin merasa aman dan dilindungi dari cuaca tanpa lisensi mengemudi," sambungnya.

Baca juga : Honda Unjuk Gigi di Japan Mobility Show 2023

Pada lembar spesifikasi, terdapat motor berkekuatan 6 kW dengan kekuatan puncak hingga 9 kW. Energinya dipasok oleh baterai Li-ion yang cukup untuk menjelajah sekitar 100 km yang cocok untuk berkendara di kota bebas emisi. Tersedia juga paket baterai 11 kWh untuk menjangkau 180 km per pengisian. 

Baterai standar dapat diisi hingga 80% menggunakan charger Type 2 dalam waktu beberapa jam, sedangkan pilihan baterai yang lebih besar akan memakan waktu dua kali lebih lama.

konstruksinya terbuat dari baja berkekuatan tinggi yang dibalut dengan lapisan kulit baja/aluminium grade otomotif. Hadir dengan dimensi panjang 2.519 mm, lebar 1.473 mm dan tinggi 1.501 mm. Dengan baterai standar, mobil imut ini memiliki bobot total mencapai 571 kg dan akan lebih berat lagi dengan dengan baterai versi long range.

Seperti Isetta leluhurnya, terdapat tempat duduk untuk pengemudi dan penumpang, yang masuk melalui bagian depan, dan dasbor yang sangat sederhana memiliki cluster instrumen digital, kontrol iklim, dan bar untuk memasang smartphone. 

Port USB ada untuk mengisi perangkat, pemanas yang disertakan dapat membantu menjaga agar tidak terlalu dingin, jendela belakang memiliki pemanas sendiri juga, dan perlengkapan perjalanan atau belanjaan dapat disimpan di bagasi berkapasitas 230 liter. (Sumber: Microlino Lite/S-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Chadie

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat