visitaaponce.com

Ramadan, Stok Darah PMI Kota Bandung tidak Ideal

Ramadan, Stok Darah PMI Kota Bandung tidak Ideal
Petugas melakukan pengolahan darah di Kantor Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Jawa Barat.(ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

PALANG Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung tidak memiliki persediaan darah yang ideal saat Ramadan ini. Idealnya, selama empat hari jumlah persediaan darah yang dimiliki sebanyak 1.500 sampai 2.000 labu. Namun, saat ini stok PMI Kota Bandung tidak mencapai jumlah tersebut.

"Kami hanya mampu memperoleh donor darah sekitar 300 sampai 400 labu. Jumlah itu hanya untuk memenuhi kebutuhan harian. Donor pun didapatkan bukan dari seluruhnya donor sukarela, melainkan donor keluarga yang didapatkan dari imbauan rumah sakit," kata Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kota Bandung, Uke Muktimanah, di Bandung, pekan lalu.

Adapun donor sukarela, kata Uke, sebanyak 70% dan kondisinya terbilang ada peningkatan, sedangkan 30% dari donor keluarga yang didapat dari imbauan rumah sakit. Rumah sakit bekerja sama dengan PMI sehingga setiap pasien yang meminta darah ke PMI atau RS, diimbau untuk membawa donor sebagai donor pengganti atau menjadi donor keluarga. (AN/H-3)



Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Riky Wismiron

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat