visitaaponce.com

Petugas PPSU dan ASN Pemkot Jakpus Bantu PMI Penuhi Stok Darah

Petugas PPSU dan ASN Pemkot Jakpus Bantu PMI Penuhi Stok Darah
Petugas PPSU dan ASN Pemkot Jakarta Pusat melaksanakan program donor darah.(Medcom.id/Christian)

PROGRAM donor darah massal dalam jumlah besar menjadi yang pertama dilakukan oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat. Kegiatan ini melibatkan 1.000 petugas penanganan prasarana dan sarana umum (PPSU) dan aparatur sipil negara (ASN).

"Ini bagus dalam rangka pemenuhan stok darah yang dibutuhkan di DKI Jakarta," kata Ketua PMI DKI Jakarta Rustam Effendi saat ditemui di lokasi donor darah di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Selasa (28/5).

Ia menuturkan, kebutuhan darah di Jakarta mencapai 1.000 hingga 1.200 kantong. Dengan adanya kegiatan ini Rustam optimistis stok darah akan tetap terjaga. “Kami sendiri tidak memasang target untuk jenis golongan darah. Kami ambil semua. Kami tidak bisa mengarahkan khusus (golongan) A atau B atau yang lain karena semua akan dibutuhkan."

Baca juga : Duh, Stok Darah di PMI Bandung Menipis

Adapun hasil donor darah akan dilakukan pengecekan hingga nantinya bisa didistribusikan. Waktu yang diperlukan dari pengambilan darah hingga digunakan, yaitu 10-24 jam. "Nanti akan diproses juga. Jika ada darah yang berhubungan dengan penyakit akan dimusnahkan dan pendonornya akan diberitahu supaya bisa konsultasi kesehatan," ujarnya.

Di tempat yang sama, Asep Djuanda selaku Ketua PMI Jakarta Pusat menambahkan, guna mencapai 1.000 kantong darah dibutuhkan pendonor yang melebihi angka kebutuhan. “Kami bekerja sama dengan Suku Badan Kepegawaian Jakarta Pusat sehingga para ASN hingga PPSU dapat ambil bagian,” terang dia

Sementara itu, Sudiatno, salah seorang petugas PPSU mengaku senang bisa berpartisipasi. "Kalau saya donor darah sudah yang ke-48 kali. Kalau tidak donor badan justru terasa berat," tandasnya. (J-2)

 

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Eksa

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat