visitaaponce.com

1 Lagi Korban Lahar Dingin Ditemukan

1 Lagi Korban Lahar Dingin Ditemukan
Tim relawan bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, berhasil menemukan satu korban di daerah Galuang.(Metro TV)

TIM relawan bencana banjir lahar dingin Gunung Marapi di Kabupaten Agam, Sumatra Barat, berhasil menemukan satu korban di daerah Galuang, Kecamatan Sungai Pua. Korban berjenis kelamin laki-laki itu dilarikan ke Rumah Sakit Ahmad Muktar untuk diidentifikasi. 

Di kawasan ini ada dua korban yang masih dicari tim relawan. Keduanya atas nama Amri Koto, 70, dan Zahar, 60. 

Sementara itu, Ketua umum PMI Jusuf Kalla (JK) berkunjung ke lokasi banjir lahar dingin Bukit Batabuah, Kecamatan Candung, Kabupaten agam. JK yang didampingi istri datang ke posko yang ada di Sekolah Dasar 08 Kubang Duo. 

Baca juga : PMI Data Kebutuhan Dasar Korban Banjir Lahar di Sumbar

Di lokasi ini ketua PMI juga berkesempatan melihat kondisi pengungsi yang memanfaatkan 3 lokal sekolah dasar tersebut.

Mantan wakil presiden RI ini menyatakan bencana alam yang terjadi hampir di seluruh daerah di indonesia ini, akibat dari ulah manusia juga. 

"Banyak kerusakan yang telah kita lakukan, seperti merusak hutan, menebang pohon-pohon, merusak sungai, merusak selokan, sehingga saat hujan terjadi air langsung turun karena tidak ada pohon lagi yang menahan," ujar Jusuf Kalla. 

Baca juga : Presiden Joko Widodo akan Tinjau Langsung Lokasi Banjir Lahar Dingin di Sumbar

Jusuf Kalla juga berharap masyarakat meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. 

Sementara terhadap warga terdampak harus segera salurkan bantuan air bersih. Menyusul kondisi pemukiman mereka sudah kotor.

JK juga menegaskan para pengungsian ini tidak boleh lebih dari 2 minggu tinggal di pengungsian. Kedaruratan harus segera bergerak sehingga warga biasa beraktifas normal kembali. terutama fasilitas umum seperti sekolah. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat