visitaaponce.com

Duh, Stok Darah di PMI Bandung Menipis

Duh, Stok Darah di PMI Bandung Menipis
Aksi Donor Darah di SMP Kesatuan, Kota Bogor, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.(Antara/Arif Firmansyah)

STOK darah yang ada di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung Jawa Barat (Jabar) menipis. Jika biasanya persediaan mencapai 500 labu/ hari, sekarang hanya tersedia setengahnya. 

Menipisnya persediaan darah memang kerap terjadi setiap tahun, biasanya terjadi sekitar bulan Desember hingga  Januari.

"Salah satu penyebab menipisnya persediaan darah, karena libur yang cukup panjang, cuti Bersama dan tahun baru. Sehingga beberapa pendonor juga banyak yang memiliki kegiatan di luar kota, menyebabkan kegiatan donor darah berkurang," kata Kepala Bidang Pelayanan PMI Kota Bandung, Harry Hardiawan Rabu (17/1).

Baca juga : 300 Karyawan Media Group Ikuti Donor Darah dan MCU

Oleh karena itu, kata Harry, pada Januari 2024, pihaknya kembali mengimbau agar para pendonor bisa aktif lagi berdonor darah, sehingga stok darah di PMI Kota Bandung bisa bertambah. Sebenarnya jumlah darah per 16 Januari 2024, sudah mulai terlihat ada peningkatan. 

Seperti persediaan darah golongan Packed Red Cells PRC) atau sel darah merah,untuk golongan darah A tersedia sebanyak 42 labu. Golongan darah B ada 63 labu. 

Baca juga : Legislator Ajak Mahasiswa Jadikan Donor Darah sebagai Gaya Hidup Baru

Lalu, golongan darah O sebanyak 80 labu dan golongan darah AB ada 16 labu. Jadi total darah yang tersedia saat ini 201 labu.

"Biasanya kebutuhan stok darah di Kota Bandung dalam sehari bisa mencapai 500 labu. Namun, saat ini baru bisa terpenuhi setengahnya. Memang kebutuhan darah cukup tinggi, karena selain melayani rumah sakit yang ada di Kota Bandung, kami juga melayani rumah sakit di luar Kota Bandung," terangnya. 

Meski begitu lanjut Harry, jumlah ini meningkat dari hari-hari kemarin. Sedangkan, untuk trombosit memang masih sedikit, golongan darah A ada 9 labu. Golongan darah B ada 8 labu, kemudian, golongan darah O ada 6 labu. 

Lalu, golongan darah AB ada 5 labu, jadi totalnya ada 28 labu. Sedangkan untuk jumlah kebutuhan trombosit biasanya tergantung permintaan dokter yang disesuaikan dengan kondisi pasien. 

Saat ini stok trombosit masih sangat minim, biasanya trombosit dibutuhkan bagi pasien demam berdarah (DBD).

"Untuk jumlah kebutuhan trombosit memang tidak tentu. Ini akan terlihat jika terjadi kenaikan kasus DBD. Saat ini Alhamdulillah di Kota Bandung tidak terjadi peningkatan. Mudah-mudahan kebutuhan ini tidak terlalu meningkat dalam waktu dekat ini," harapnya.

PMI giatkan mobilisasi donor darah

Menurut Harry untuk menambah persediaan darah, PMI Kota Bandung masih terus mencoba meningkatkan kegiatan mobilisasi mobil unit donor darah, agar  kebutuhan darah di Kota Bandung bisa terpenuhi.

"Kita terus mengimbau para pendonor darah, terutama yang sudah waktunya donor. Bisa langsung ke kantor PMI atau di event donor darah yang dekat dengan lokasi mereka. Bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darah langsung ke kantor PMI yang ada di Jalan Aceh No. 79, pelayanan telah dibuka sejak pukul 08.00-21.00 WIB," tambahnya.

Selain itu lanjut Harry, masyarakat juga bisa manfaatkan mobil unit PMI yang berkeliling di sejumlah lokasi. Ada 5 mobil unit yang tersebar untuk menjangkau para pendonor. Untuk titik-titik dan jadwalnya bisa dipantau dan dicek melalui akun media sosial PMI Kota Bandung. 

Ia berharap, dengan seiringnya sudah mulai banyak kegiatan dan mobilitas mobil unit persediaan  darah di Kota Bandung kembali normal di bulan Februari. Mengingat pentingnya stok darah jelang Ramadan yang tinggal dua bulan lagi.

"Kondisi seperti ini juga dialami PMI luar Kota Bandung. Sehingga untuk meminta bantuan dari kota lain, memang agak sulit. Terlebih biasanya wilayah lain justru yang mendapatkan bantuan stok darah dari Kota Bandung. Wilayah kabupaten kota di Jabar pun, kini tengah mengupayakan optimalisasi peningkatan persediaan darah," sambungnya. (Z-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Zubaedah Hanum

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat