visitaaponce.com

Legislator Ajak Mahasiswa Jadikan Donor Darah sebagai Gaya Hidup Baru

Legislator Ajak Mahasiswa Jadikan Donor Darah sebagai Gaya Hidup Baru
Anggota DPR RI Adang Daradjatun saat mengikuti acara donor darah di Fakultas MIPA, UI Depok, Jawa Barat, Rabu (6/12/2023).(Ist/DPR)

ANGGOTA DPR RI Adang Daradjatun mengajak mahasiswa untuk menjadikan donor darah sebagai sebuah gaya hidup positif yang harus terus dijalankan.

"Saya berharap kegiatan donor darah bisa dijadikan kebiasaan dan gaya hidup baru yang positif bagi mahasiswa, sebagai generasi muda. Saya melihat masih banyak mahasiswa dan generasi muda yang enggan atau takut untuk berdonor darah. Padahal donor darah itu banyak manfaat yang kita dapati," ujar Adang saat acara donor darah di Fakultas MIPA, UI Depok, Jawa Barat, Rabu (6/12).

Dijelaskan politikus dari Fraksi PKS ini bahwa setetes darah yang didonorkan, selain bisa membantu jutaan manusia lainnya, juga bisa menyehatkan Individu itu sendiri. Karena saat donor darah terjadi regenerasi sel-sel darah baru yang pada akhirnya menyehatkan tubuh individu pendonor itu sendiri.

Baca juga: Donor Darah Dipastikan Selamatkan Nyawa Banyak Orang

Diketahui, acara ini terselenggara, atas kerja sama dengan Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia (SPDDI), Dekan dan staf pengajar F-MIPA dan BEM F-MIPA UI, serta PMI DKI Jakarta.

Selain itu, Adang yang juga Ketua umum PDDI (Persatuan Donor Darah Indonesia) pun mendatangi fakultas MIPA Universitas Indonesia untuk mengedukasi mahasiswa agar tidak takut dan ragu mendonorkan darahnya. Hingga akhirnya target 300 kantung darah dalam acara ‘Goes to Campus, Setetes Darah Berjuta Harapan’ itu dapat tercapai.

Baca juga: Tema Hari Donor Darah Sedunia 2023, Sejarah dan Ucapan Selamat

Sementara itu, Ketua Umum Srikandi Perempuan Donor Darah Indonesia (SPDDI), Nunun Daradjatun menambahkam bahwa menurut data yang disampaikan oleh PMI DKI Jakarta, saat ini kebutuhan darah PMI DKI Jakarta setiap harinya sekitar 1000-1200 kantung darah untuk kebutuhan medis, termasuk ibu melahirkan.

Baca juga: Jangan Lupa Makan Makanan Bergizi Usai Donor Darah

"Sebagai balas budi kepada kaum ibu, maka kegiatan donor darah kali ini dipersembahkan khusus untuk kaum ibu. Khususnya dalam rangkaian peringatan hari ibu yang jatuh setiap tanggal 22 Desember," kata Nudun.

"Atas dasar itulah, tidak sedikit mahasiswa yang tersentuh dan pada akhirnya tertarik dan ikut mendonorkan darahnya dalam kegiatan donor darah kali ini. Hingga tercapai target 300 kantung darah dalam kegiatan donor darah kali ini," ujar Nunun.

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat